Penerapan metode Question Student Have untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah: Penelitian Quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP Triyasa

Muthmainnah, Aulia (2023) Penerapan metode Question Student Have untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah: Penelitian Quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP Triyasa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di SMP Triyasa, yaitu mengenai sebagian hasil belajar PAI peserta didik yang masih di bawah KKM belajar. Hal ini dapat terjadi karena proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan metode diskusi belum maksimal dan kurang efektif. Sehingga, salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PAI yaitu dengan menerapkan metode Question Student Have. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode Question Student Have pada materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Abbasiyah di SMP Triyasa; (2) Mengetahui penerapan metode Question Student Have pada materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Abbasiyah di SMP Triyasa; (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode Question Student Have pada materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Abbasiyah di SMP Triyasa. Penelitian ini didasarkan pada teori bahwa hasil belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh faktor penggunaan metode belajar yang tepat. Maka dari itu, metode Question Student Have merupakan alternatif metode yang bisa diterapkan pada mata pelajaran PAI. Metode belajar ini menuntut peserta didik untuk mampu berpikir secara logis dan kreatif. Dengan begitu, hasil belajar yang diperoleh akan maksimal. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah “Terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa dengan penerapan metode Question Student Have pada materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Abbasiyah di SMP Triyasa”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan ialah metode quasi experiment, dengan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Adapun analisis hipotesis menggunakan teknik perhitungan uji T dengan sampel 62 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa di kelas eksperimen sebelum menggunakan metode Question Student Have tergolong kategori kurang baik dengan nilai rata-rata 50.48. Begitupun di kelas kontrol, tergolong kategori kurang baik dengan nilai rata-rata 50.81; (2) Penerapan metode Question Student Have di kelas eksperimen terlaksana dengan baik berdasarkan hasil observasi selama dua kali pertemuan, yakni sebesar 79.35% yang tergolong kategori baik; (3) Terdapat peningkatan yang cukup signifikan antara penerapan metode Question Student Have terhadap hasil belajar siswa di kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T yang menunjukkan bahwa Sig. (-2tailed) lebih kecil dari 0.05 atau Sig. (-2tailed) 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar; Question Student Have; Hasil Belajar
Subjects: Education, Research
Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aulia Muthmainnah
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:26
Last Modified: 05 Oct 2023 06:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78524

Actions (login required)

View Item View Item