Lestari, Intan (2023) Pengaruh model Guided Inquiry Learning terhadap kemampuan literasi Numerasi siswa pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (536kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (866kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
Abstract
Terjadi penurunan tingkat kemampuan literasi numerasi yang dialami siswa di Indonesia menurut survey terakhir oleh PISA (Programme for International Student Assessment). Kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu kemampuan literasi yang penting dikuasai siswa saat ini. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Guided Inquiry Learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experiment dan menggunakan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dipilih melalui teknik Random Sampling pada salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung. Keterlaksanaan aktifitas guru peneliti dan siswa mencapai kriteria terlaksana sangat baik. Kemampuan literasi numerasi mengalami peningkatan pada kelas eksperimen dengan kriteria sedang dan N-Gain sebesar 0,30 serta kelas kontrol dengan kriteria rendah dan N-Gain sebesar 0,25. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi siswa yang memperoleh pembelajaran Guided Inquiry dengan nilai t-hitung (6,135) lebih besar daripada t-tabel (1,699). Persentase respon siswa terhadap model pembelajaran dan materi ekosistem pada kelas eksperimen yang menunjukkan bahwa peserta didik memiliki ketertarikan yang kuat untuk mempelajari materi ekosistem menggunakan model Guided Inquiry Learning. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model Guided Inquiry Learning berpengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi Numerasi; Model Guided Inquiry Learning; Materi Ekosistem |
Subjects: | Arithmetics > Numeration Systems Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Intan Lestari |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 02:39 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 02:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78527 |
Actions (login required)
View Item |