Pengaruh model Guided Inquiry Learning terhadap kemampuan literasi Numerasi siswa pada materi Ekosistem

Lestari, Intan (2023) Pengaruh model Guided Inquiry Learning terhadap kemampuan literasi Numerasi siswa pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy

Abstract

Terjadi penurunan tingkat kemampuan literasi numerasi yang dialami siswa di Indonesia menurut survey terakhir oleh PISA (Programme for International Student Assessment). Kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu kemampuan literasi yang penting dikuasai siswa saat ini. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Guided Inquiry Learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experiment dan menggunakan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dipilih melalui teknik Random Sampling pada salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung. Keterlaksanaan aktifitas guru peneliti dan siswa mencapai kriteria terlaksana sangat baik. Kemampuan literasi numerasi mengalami peningkatan pada kelas eksperimen dengan kriteria sedang dan N-Gain sebesar 0,30 serta kelas kontrol dengan kriteria rendah dan N-Gain sebesar 0,25. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi siswa yang memperoleh pembelajaran Guided Inquiry dengan nilai t-hitung (6,135) lebih besar daripada t-tabel (1,699). Persentase respon siswa terhadap model pembelajaran dan materi ekosistem pada kelas eksperimen yang menunjukkan bahwa peserta didik memiliki ketertarikan yang kuat untuk mempelajari materi ekosistem menggunakan model Guided Inquiry Learning. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model Guided Inquiry Learning berpengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Numerasi; Model Guided Inquiry Learning; Materi Ekosistem
Subjects: Arithmetics > Numeration Systems
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Intan Lestari
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:39
Last Modified: 20 Sep 2023 02:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78527

Actions (login required)

View Item View Item