Pembelajaran iqra' dalam meningkatkan kualitas ibadah pada usia dewasa madya : Studi deskriptif majlis Iqra' pondok pesantren Salafiyah Al-Mu'awanah

Hidayat, Taufiq (2023) Pembelajaran iqra' dalam meningkatkan kualitas ibadah pada usia dewasa madya : Studi deskriptif majlis Iqra' pondok pesantren Salafiyah Al-Mu'awanah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)

Abstract

Peningkatan spiritual dalam meningkatkan kualitas ibadah diusia dewasa dapat tentukan dari pengalaman serta pendidikan dimasa anak-anak, tidak semua mempunyai pengalaman juga pendidikan yang sama, sehingga harus adanya bimbingan khusus agar apa yang di inginkan tercapai dengan baik. Kemauan belajar ada pada kesadaran mengerti dan memahami apa yang harus di jalankannya sebagai umat muslim yang baik, menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui Karakteristik Jama’ah Majelis Iqra Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mu’awanah Cibiru. 2. Untuk Mengetahui Proses Pelaksanaan Pembelajaran Majelis Iqra Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mu’awanah Cibiru. 3. Untuk mengetahui Peran Pembelajaran Iqra dalam Meningkatkan Kualitas Ibadah pada Usia Dewasa Madya, di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mu’awanah Cibiru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif (kualitatif research). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang memfokuskan pada kasus yang terjadi di lapangan. Data yang didapat dari hasil pengumpulan primer yaitu dengan cara wawancara, obserservasi dan dokumentasi, serta wawancara kepada pembimbing Majlis Iqra, pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mu’awanah dan kepada 3 orang jamaah Majlis Iqra. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi mulanya yang dimana orang-orang yang memiliki kepribadian yang dapat dicirikan oleh semangat yang besar dalam menuntut ilmu, khususnya yang berkaitan dengan studi Agama, jamaah menyampaikan banyak bersyukur dan berterimakasih yang sebesar-besarnya, dengan diadakannya majelis iqra, para jemaah akan senantiasa ada dan berupaya untuk tetap mengetahui kegiatan yang mereka ikuti. Karena jemaah menyadari tidak ada yang lebih penting dari ilmu agama, dan hal ini sangatlah penting karena hal ini sebagai bagian dari upaya untuk lebih meningkatkan kualitas ibadah yang dialami oleh orang dewasa di usia paruh baya (Dewasa Madya).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Iqra'; Kualitas Ibadah; khauf dan raja; dewasa madya;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Ibadah
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Hidayat Taufiq
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:30
Last Modified: 05 Oct 2023 07:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78528

Actions (login required)

View Item View Item