Pengaruh Supervisi kunjungan kelas Kepala Madrasah terhadap profesionalisme Guru : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Cicalengka

Mawadah, Hana Novianti (2023) Pengaruh Supervisi kunjungan kelas Kepala Madrasah terhadap profesionalisme Guru : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Cicalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Supervisi kunjungan kelas dalam peningkatan profesionalisme guru merupakan salah satu peran kepala madrasah yang harus dilaksanakan dalam mengawasi, membina, dan membimbing guru untuk meningkatkan profesionalismenya. Karena masih terdapat beberapa orang guru yang mengabaikan tugas dan tanggungjawabnya sebagai seorang tenaga pendidik. Kualitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh profesionalisme guru dalam mengajar, dan dengan pemberian dorongan motivasi dan pembinaan dari pengawas madrasah yang berupa supervisi akademik. Melalui supervisi akademik bertujuan mendorong atau memotivasi guru agar memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan supervisi kunjungan kelas kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Cicalengka; 2) Mendeskripsikan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Cicalengka; 3) Menganalisis pengaruh supervisi kunjungan kelas kepala madrasah terhadap profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Cicalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis regresi. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui kuesioner dengan pengukuran data skala likert. Responden pada penelitian ini adalah tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Cicalengka sebanyak 67 responden. Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukan perhitungan pada: (1) Supervisi kunjungan kelas kepala madrasah (X) memperoleh nilai rata-rata “Cukup” sebesar 3,27, karena berada dalam rentang interval 2,60 – 3,39. (2) Profesionalisme guru (Y) memperoleh hasil “Tinggi” dengan nilai rata-rata 3,44, karena berada dalam rentang interval 3,40 – 4,19. (3) Hasil analisis regresi, uji signifikansi statistik (Uji T) dan uji signifikansi simultan (Uji F) menunjukan hasil yang bersifat positif sebesar 4,661 dengan sig. 0,001  0,05. Pengujian juga dikuatkan dengan koefisien determinasi sebesar 24,6%, supervisi kunjungan kelas kepala madrasah memiliki pengaruh terhadap profesionalisme guru. sedangkan 75,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Supervisi; Kunjungan Kelas; Profesionalisme Guru
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hana Novianti Mawadah
Date Deposited: 20 Sep 2023 05:30
Last Modified: 20 Sep 2023 05:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78594

Actions (login required)

View Item View Item