Pendalaman Materi Keprofesian Pendidikan Agama Islam

Rusdiana, A. (2023) Pendalaman Materi Keprofesian Pendidikan Agama Islam. Cetakan Pertama, I (1). Pusat Penelitian dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, Jawa Barat. ISBN xxx-xxx-xxxx-xx-x

[img]
Preview
Text
PENDALAMAN MATERI PPG 2023_Prof. Rusdiana.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pendalaman materi keprofesian PPG dalam jabatan melalui belajar mandiri, bertujuan untuk menguatkan penguasaan materi Keprofesian Pendidikan Agama Islam; meningkatkan pemahaman konsep TPACK untuk merancang pembelajaran; meningkatkan pemahaman konten dalam rangka mengembangkan bahan ajar dan evaluasi hasil belajar dengan level HOTS; dan meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan sumber belajar berbasis ICT. Aktivitas mahasiswa Unit Pendalaman Materi, wajib mempelajari secara mandiri 6 modul Bidang Studi: Modul 1 Akidah Akhlak; Modul 2 Al-Qur'an Hdaist; Modul 3 Fikih Islam; Modul 4 Sejarah Kebudayaan Islam; Modul 5 Stuktur Keilmuan PAI dan Modul 6 PAI Kontemporer, didampingi oleh dosen, modul ajar dapat diakses melalui laman: https://ppg.siagapendis.com/dosen/modul. Sedangkan aktivitas Dosen dalam Unit Pendalaman Materi, dosen wajib mendampingi mahasiswa setiap aktivitas mahasiswa di LMS. Mahasiwa Kelas PAI 2.12 terdiri dari 22 orang, belajar mandiri bidang studi pedagogi sejak tanggal 28 juni sampai 10 Juli 2021. (1) Keseluruhannya aktif dan antusias mengikuti proses pembelajaran (100 %). (2) Pemenuhan Tagihan Bidang Keprofesian Kls PAI 2.12 (100 %), baik pemenuhan tagihan Test Formatif 352 (100%), maupun pemenuhan tagihan Tes Sumatif 88 (100%). (3) Capaian Pembelajaran Pedagogi Kelas PAI 2.12, secara kumulatif mencapai rata CP 79.60 dengan Predikat (Baik), dengan CP terendah 74.86 (Baik), sedangkan teringgi mencapai CP 82. 78 (Amat Baik). Dengan demikian Kelas PAI 2.12 dalam pembelajaran pendalam materi Keprofesian PAI telah mencapai Ketuntasan minimal. Untuk mencapai mencapai ketuntasan minimal, dalam pembelajaran melalui media onlie/daring berbasis LMS, diperlukan penunjang pokok yaitu, motivasi, komunikasi, informasi dan kolaborasi. Motivasi pembelajaran paling tinggi akan datang dari kemampuan dosen/pembimbing, komunikasi dan informasi pembelelajaran erat kaitannya denga instruksi/perintah pengerjaan tugas, adapun kolabarasi dapat dibagun oleh dan utuk pserta didik peserta didik diperlukan adanya pihak yang mengkolaboasiakan disamping dosen/pembingbing, yanpaling tepat untuk itu datang dari teman sendiri. Atas dasar itu, melalui laporan kegiatan ini merekomendasikan kepada: (1) Pihak yang berkepentingan terkait dengan modul pembelajaran, hendaknya pada setiap akhir modul dilengkapi dengan intruksi yang jelas terkait dengan pengejaan tugas; (2) Antar dosen/pembimbing/wali kelas perlu ada kesamaan persepsi tentang intruksi pengerjaan tugas; dan model pemotivasian kepada peserta; (3) Mahasiswa diperlukan adanya ketua kelas untuk membantu menyalurkan komunikasi informasi, dan membagun kolaborasi antar peserta.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: motivasi, komunikasi, informasi dan kolaborasi.
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. A. Rusdiana
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:54
Last Modified: 20 Sep 2023 00:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78596

Actions (login required)

View Item View Item