Pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis Home Industry Tahu : Studi deskriptif di Sentra Tahu Cibuntu RW.07 Kelurahan. Babakan Kecamatan. Babakan Ciparay Kota Bandung

Masriah, Siti (2023) Pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis Home Industry Tahu : Studi deskriptif di Sentra Tahu Cibuntu RW.07 Kelurahan. Babakan Kecamatan. Babakan Ciparay Kota Bandung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini mengenai permasalahan kemiskinan, pengangguran, dan masyarakat yang harus dengan terpaksa terlilit hutang kepada rentenir sehingga memerlukan penanganan terhadap hal ini. Salahsatu upayanya adalah dengan cara memberdayakan home industry tahu yang ada di kawasan sentra tahu Cibuntu yang memang merupakan mayoritas pencaharian rata-rata masyarakat Cibuntu. Terlepas dari pembuatan tahu, Ibu-ibu pkk mengajak masyarakat untuk mengikuti pelatihan membuat kerupuk tahu, kerupuk elod, nata de soya, menjahit, pendampingan UMKM sehingga masyarakat lebih produktif dan mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana tahapan pemberdayaanekonomi masyarakat melalui home industry tahu dan juga melihat bagaimana kegiatan yang ada di home industry tahu kawasan sentra tahu Cibuntu, serta ingin mengetahui hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui home iNdustrtahu yang diperoleh masyarakat Cibuntu RW.07 dapat mengarah ke peningkatan usaha dibidang home industry tahu atau tidak. Landasan teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pemberdayaan yang dikemukakan oleh Edi Suharto dan juga Ambar Teguh Sulistiyani. Dijelaskan bahwa dalam teori pemberdayaan ini ada beberapa tahapan atau proses pemberdayaan diantara: tahapan peyadaran, tahapan transformasi, dan tahapan peningkatan intelektual. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi. Tahap analisis data dalam penelitian adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui home industry tahu di kawasan sentra tahu Cibuntu yaitu sudah berhasil dalam hal memberdayakan masyarakatnya. Terlihat bahwa masyarakat yang tadinya pengangguran atau tidak memiliki pekerjaan akibat masa pandemi namun sekarang menjadi pekerjaan di home industry tahu, serta memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan dirinya dan keluarganya, hasil penelitian lainnya yang sesuai dengan teori Edi Suharto adalah proses pemberdayaan sebagai berikut: proses penyadaran, proses pelatihan, proses pembinaan, proses pendampingan. Pemberdayaan pada intinya meliputi suatu proses dan tujuan. Hasil analisis peneliti mengenai hasil pelmbelrdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan di home industry tahu Cibuntu terciptanya lapangan pekerjaaan baru dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui home industry tahu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemiskinan; pengangguran; pemberdayaan ekonomi; home industry; proses pemberdayaan
Subjects: Customs of People
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Masriah Nti
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:07
Last Modified: 20 Sep 2023 06:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78603

Actions (login required)

View Item View Item