Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengelolahan tembakau dalam meningkatkan kesejahteraan : Studi Deskriptif di Kampung Balong RT.02 RW.05 Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur

Solihin, Tedi (2023) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengelolahan tembakau dalam meningkatkan kesejahteraan : Studi Deskriptif di Kampung Balong RT.02 RW.05 Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Kemiskinan di Indonesia yang mayoritas umat Islam bukan hanya masalah kemiskinan, tetapi juga kurangnya keterampilan hidup, karena keterampilan dapat membantu masyarakat Indonesia bertahan hidup dan memenuhi kebutuhannya. Di sisilain, tanpa skill mereka tidak akan bertahan dan tidak ada peluang untuk persaingan hidup yang semakin moderen. Selain itu, kemiskinan sering kali muncul karena individu tidak mampu mengembangkan kemampuannya untuk mencapai kesuksesan dalam hidupnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai strategi dengan mengetahui program, proses dan hasil pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengelolahan tembakau dalam meningkatkan kesejahteraan. Dengan landasan pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan ekonomi, pengelolahan tembakau dan kesejahteraan ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori pemberdayaan dari Wasistiono bahwa Pemberdayaan diartikan sebagai membebaskan seseorang dari kendali yang kaku, dan memberi orang kebebasan untuk bertanggung jawab terhadap ide idenya, keputusan-keputusannya dan tindakan-tindakannya. Usaha untuk mengubah kondisi masyarakat tertentu melalui peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraan dikenal sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif melalui teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel atau subjek dari penelitian ini adalah pengrajin tembakau, masyarakat sekitar yang terlibat dan pemerintah setempat. Hasil penelitian penyimpulkan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program pengelolahan tembakau serta penjualannya dan diimplementasikan dari bahan setengah jadi sampai produk siap dipasarkan dengan menggunakan aspek sumber daya manusia, aspek produksi dan hasil produksi, aspek pemasaran dan aspek keuangan. Hasil yang dicapai dengan adanya program pengelolahan tembakau dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat seperti masyarakat lebih mandiri, kemitraan terjalin dengan baik, mendorong munculnya wirausaha baru dan membantu perekonomian usaha menjadi modern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi Kreatif; Pengelolahan Tembakau
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Tedi Solihin Solihin Tedi
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:21
Last Modified: 22 Sep 2023 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78638

Actions (login required)

View Item View Item