Pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits : Penelitian terhadap siswa kelas VIII di MTs Nurul Falah Jakarta Timur

Karomi, Laila (2023) Pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits : Penelitian terhadap siswa kelas VIII di MTs Nurul Falah Jakarta Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu faktor yang menghambat siswa untuk memperoleh hasil belajar kognitif yang baik yaitu “kurangnya kepercayaan diri”. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MTs Nurul Falah Jakarta Timur, diperoleh informasi bahwa terdapat siswa yang mempunyai masalah terhadap kepercayaan diri seperti masih banyak siswa yang merasa minder, malu dan terkesan menghindar pada saat proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, serta masih terdapat siswa yang mencontek pada saat ulangan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Hal ini menyebabkan beberapa siswa memiliki hasil belajar kognitif Al-Qur’an Hadits yang rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kepercayaan diri siswa di MTs Nurul Falah Jakarta Timur, 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Nurul Falah Jakarta Timur, 3) Seberapa besar pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Nurul Falah Jakarta Timur. Penelitian ini diasumsikan bahwa terdapat pengaruh antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis bahwa semakin baik kepercayaan diri siswa dalam proses pembelajaran, maka akan semakin baik pula hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, begitupun sebaliknya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diambil sampel dari kelas VIII MTs Nurul Falah Jakarta Timur sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dibantu dengan software SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Realitas kepercayaan diri berkategori tinggi (nilai rata-rata 3,51), (2) Realitas hasil belajar kognitif siswa berkategori baik (nilai rata-rata 74,16), (3) Pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits diperoleh : (a) Koefisien Korelasi pada variabel X dan Y yaitu 0,516 dengan tingkat hubungan yang cukup kuat. (b) Uji Hipotesis dapat diterima dengan hasil uji thitung 3,510 > ttabel 1,690, maka terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. (c) Koefisien Determinasi kepercayaan diri terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits didapat sebesar 26,6% yang menunjukkan masih terdapat 73,4% faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yang dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Hasil Belajar Kognitif Siswa, Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri; Hasil Belajar Kognitif Siswa; Al-Qur’an Hadits;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laila Karomi
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:42
Last Modified: 20 Sep 2023 06:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78662

Actions (login required)

View Item View Item