Assaffa, Putri Al Fitriany (2023) Bimbingan kelompok untuk pengembangan sikap disiplin mahasiswa dalam kegiatan Kepramukaan : Studi deskriptif di Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (269kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
Abstract
Sejumlah mahasiswa masih mengalami kendala dalam mengembangkan sikap disiplin, seperti kurangnya motivasi, kesulitan mengatasi kecenderungan malas,tantangan dalam mengatur waktu secara efektif, serta kurangnya empati terhadap sesama. Di tengah era modern, seringkali mahasiswa belum sepenuhnya menyadari pentingnya kedisiplinan, bahkan mengalami kesulitan dalam mengasah diri dalam hal ini. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa kedisiplinan memiliki nilai penting bagi individu, terutama dalam konteks lingkup akademis, kehidupan sehari�hari, dan karir di dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui faktor penyebab ketidakdisiplinan, mengetahui pengembangan sikap disiplin mahasiswa, Bagaimana layanan Bimbingan Kelompok. Metode dari penelitian ini yaitu, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif adalah studi variabel bebas tanpa membuat perbandingan atau kombinasi dengan variabel lain. Penulis berusaha memberikan informasi yang sesuai dengan keadaan yang ada di lapangan langsung dengan gambar, subjek yang diteliti dan realita. Teknik penggunaan data dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara langsung melibatkan pembina, pengurus dan anggota aktif dan dokumentasi. Penelitian ini berlandaskan teori behaviorisme, merupakan teori untuk mempelajari perilaku manusia. Menurut B.F. Skinner teori belajar behaviorisme adalah hubungan antara stimulus dengan respon yang ditunjukkan individu atau subyek terjadi melalui interaksi dengan lingkungan. Asumsi dasar mengenai perubahan tingkah laku menurut teori ini sebagai hasil dari pengalaman dan bisa ditentukan oleh aturan, proses belajar serta pembiasaan. Selain teori tersebut ada beberapa teori kedisiplinan yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, bimbingan kelompok untuk pengembangan sikap disiplin mahasiswa dalam kegiatan kepramukaan, hal tersebut dapat dilihat dari pembina pengurus dan anggota aktif di Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang telah mengaplikasikan sikap disiplin.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok; sikap disiplin; kepramukaan |
Subjects: | Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Putri Al-Fitriany Assaffa |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 08:45 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 08:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78671 |
Actions (login required)
View Item |