Pola pengasuhan anak di keluarga beda agama perspektif sosiologi:Penelitian di Kelurahan Manjahlega Kecamatan Rancasari Kota Bandung

Fawwaz Febriansyah, Farrell (2023) Pola pengasuhan anak di keluarga beda agama perspektif sosiologi:Penelitian di Kelurahan Manjahlega Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus pernikahan berbeda agama di Indonesia sehingga muncul keluarga yang berbeda agama. Dari pernikahan berbeda agama ini, terdapat anak yang dihasilkan dari penikahan tersebut yang diberikan pola asuh yang khusus oleh orang tua berbeda agama. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses interaksi antar anggota keluarga yang berbeda agama di Kelurahan Manjahlega Kecamatan Rancasari Kota Bandung, 2) Untuk mengetahui pola pengasuhan anak pada keluara yang beda agama di Kelurahan Manjahlega Kecamatan Rancasari Kota Bandung, 3) Untuk mengetahui proses toleransi pada keluarga beda agama di Kelurahan Manjahlega Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Penelitian ini didasari oleh teori fungsional Durkheim yang menyatakan bahwa masyarakat merupakan satu kesatuan yang mana di dalam masyarakat terdapat bagian-bagian yang dibedakan. Perbedaan fungsi tersebut memiliki tujuan agar sistem berjalan dengan berimbang. Selain itu, teori fungsional menurut Emile Durkheim dapat disimpulkan bahwasanya masyarakat terdiri dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu sama lain. Menurut teori fungsionalisme ini, keluarga menempatkan penekanan kuat pada pencapaian tujuan fungsi psikososial. Hubungan dan pengaruh timbal balik dari keragaman sosial yang berkaitan dengan hubungan manusia dalam keluarga dari kehidupan dan sistem atau lembaga sosial dengan individu atau sebaliknya, struktur sosial, proses dan perubahan sosial, tindakan sosial, dan perilaku kelompok adalah contoh kehidupan timbal balik dalam pembentukan keluarga. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu, sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) Wawancara mendalam, 2) Observasi, dan 3) Kajian Pustaka. Untuk teknik analisis data diperoleh dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, dan 3) Penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Manjahlega Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Hasil penelitian ditemukan bahwa orang tua yang berbeda agama di Kelurahan Manjahlega Kecamatan Rancasari Kota Bandung akan mengedepankan komunikasi yang intens dalam berinteraksi. Orang tua dan anak tidak sungkan untuk saling bertanya dan menceritakan kegiatan sehari-hari. Pola asuh yang ada di keluarga beda agama cenderung menggunakan gaya pengasuhan demokratis karena mereka tidak terlalu mengekang dan tidak terlalu membebaskan anaknya. Kemudian toleransi antar anggota keluarga satu sama lain cukup erat dan baik agar selalu saling menghargai perbedaan, orang tua pun tidak memaksakan anaknya untuk menganut agama tertentu karena anak bebas menentukan pilihannya sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keluarga; Beda agama; Pola Asuh; Toleransi
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Other Religion
Adult Education
Religion Paintings
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Farrell Fawwaz febriansyah
Date Deposited: 21 Sep 2023 05:05
Last Modified: 21 Sep 2023 05:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78678

Actions (login required)

View Item View Item