Perubahan gaya hidup dan perilaku remaja di era digital : Studi pada remaja di Jamaras I Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung

Almajid, Muhammad Rahman (2023) Perubahan gaya hidup dan perilaku remaja di era digital : Studi pada remaja di Jamaras I Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Di era digital hampir semua masyarakat dari berbagai kalangan termasuk remaja menjadikan teknologi sebagai suatu kebutuhan yang sangat penting dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Perkembangan teknologi di era digital bagi remaja menyebabkan adanya perubahan gaya hidup dan perilaku remaja, baik perubahan yang bersifat positif maupun negatif, hal itu dikarenakan sifat remaja yang cenderung labil dan mudah terpengaruh. Tujuan dari penelitian ini diantaranya yaitu: 1) untuk mengetahui perubahan gaya hidup dan perilaku remaja Jamaras I di era digital. 2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perubahan gaya hidup dan perilaku remaja di Jamaras I pada era digital. 3) untuk mengetahui dampak perubahan gaya hidup dan perilaku remaja di Jamaras I pada era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif. Dalam pengambilan data menggunakan beberapa macam teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori perubahan sosial William F. Ogburn. Ogburn menyatakan bahwa perubahan aspek-aspek kehidupan sosial terutama pola pikir masyarakat disebabkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Teori ini memiliki keterkaitan dengan penelitian ini karena teori ini menjelaskan bahwa unsur material yakni teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar bagi terjadinya perubahan sosial termasuk perubahan gaya hidup dan perilaku remaja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa perubahan gaya hidup dan perilaku remaja Jamaras I di era digital diantaranya yaitu gaya hidupnya menjadi kecanduan bermain gadget, meniru budaya asing, hedonis serta pola interaksi dan perilakunya berubah. Faktor yang mempengaruhi perubahan gaya hidup dan perilaku remaja Jamaras I di era digital yaitu semakin berkembangnya teknologi, iklan gaya hidup, lingkungan pergaulan (kelompok referensi), dan keluarga. Perubahan gaya hidup dan perilaku remaja Jamaras I di era digital menimbulkan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya yaitu remaja lebih mudah dalam berkomunikasi, mengerjakan tugas, mencari barang yang dibutuhkan, dan adanya handphone sebagai sarana hiburan bagi remaja. Dampak negatifnya yaitu remaja menjadi bermalas-malasan, individualis (kurang bersosialisasi), lebih boros, psikologis remaja menjadi terganggu, dan berkomunikasi dengan orang yang tidak dikenal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan; Gaya Hidup; Perilaku; Remaja; Era Digital
Subjects: Social Process > Social Change
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Rahman Almajid
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:59
Last Modified: 21 Sep 2023 04:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78691

Actions (login required)

View Item View Item