Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Retrun on Assets (ROA) pada perusahaan yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Pyridam Farma Tbk. periode 2013-2022

Nurrahman, Rafi (2023) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Retrun on Assets (ROA) pada perusahaan yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Pyridam Farma Tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarIsi.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan asumsi teoritis bahwa profitabilitas dapat digunakan untuk mengukur kemampuan Perusahaan dalam menghasilkan laba, salah satunya dengan menggunakan Current Ratio. Rasio ini diukur dengan membandingkan aktiva lancar dibagi dengan jumlah utang lancar. Current Ratio yang tinggi menunjukkan kualitas asset yang baik dengan tingkat profitabilitas rendah karena terdapat asset yang tidak dapat digunakan dengan maksimal. Tingkat profitabilitas pun dapat diukur menggunakan Debt to Assets Ratio yang digunakan untuk mengukur persentase dana yang berasal dari semua hutang yang dimiliki. perusahaan dengan tingginya rasio Debt to Assets Ratio bisa disebut berada pada kondisi buruk sehingga dapat mempengaruhi kecil atau besarnya harga saham dan berpengaruh negatif. Akan tetapi hal tersebut tidak sesuai dengan kondisi yang ada dilapangan sehingga hal ini menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA), (2) pengaruh Debt To Assets Ratio (DAR) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA), dan (3) pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Assets Ratio (DAR) secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Pyridam Farma Tbk. Periode 2013-2022. Penelitian ini mempunyai kerangka berpikir yang menggambarkan keadaan saling mempengaruhi antara variable Current Ratio dan Debt to Assets Ratio terhadap Return On Assets. Apabila Current Ratio dan Debt to Assets Ratio mengalami peningkatan maka Return On Assets mengalami penurunan. Namun Return On Assets juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijadikan variable dalam penelitian ini seperti halnya CTO atau ITO. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan pada website resmi PT. Pyridam Farma Tbk. periode 2013-2022 https://www.pyfa.co.id/annual-report. Analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji asosiatif, dan uji signifikansi dipergunakan untuk menganalisis data. Penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi Current Ratio (CR) terdapat dampak 1,3% terhadap Return On Assets (ROA) secara prinsip sesuai dengan teori akad tijarah yang didalamnya menggunakan akad murabahah, kemudian Debt To Assets Ratio (DAR) memiliki dampak 5,5% terhadap Return On Assets (ROA) secara prinsip sesuai dengan teori akad Qardh. Lalu Current Ratio (CR) dan Debt To Assets Ratio (DAR) dapat mempengaruhi Return On Assets (ROA) sebesar 20% secara prinsip sesuai dengan teori akad Murabahah. Sedangkan sisanya sebesar 80% dipengaruhi oleh variable-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Assets Ratio (DAR); Return On Assets (ROA);
Subjects: Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nurrahman Rafi
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:57
Last Modified: 26 Sep 2023 03:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78692

Actions (login required)

View Item View Item