Pengaruh Debt to Equity Ratio dan Quick Ratio terhadap Stock Price pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. AKR Corporindo Tbk periode 2012-2021

Rizkiani, Imas Eka (2023) Pengaruh Debt to Equity Ratio dan Quick Ratio terhadap Stock Price pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. AKR Corporindo Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh asumsi teori yang menyatakan Debt to Equity Ratio yang meningkat maka Stock Price yang dimiliki akan menurun dan Quick Ratio yang yang meningkat maka Stock Price yang dimiliki akan meningkat. Masalah yang akan muncul apabila Debt to Equity Ratio menurun maka Stock Price akan meningkat dan Quick Ratio yang meningkat maka Stock Price mengalami peningkatan begitupun sebaliknya, seperti yang terjadi pada PT. AKR Corporindo Tbk. periode 2012-2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Debt to Equity Ratio dan Quick Ratio secara parsial maupun simultan terhadap Stock Price pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yaitu PT. AKR Corporindo, Tbk. periode 2012-2021. Debt to Equity Ratio semakin besar, maka perusahaan akan semakin tidak menguntungkan karena semakin besar pula risiko yang akan ditanggung oleh perusahaan dan para investor. Namun, apabila Debt to Equity Ratio perusahaan rendah sedangkan Quick Ratio semakin tinggi. Maka hal ini akan meningkatkan kepercayaan para investor, karena Stock Price (harga saham) pun akan ikut naik selaras dengan kesanggupan perusahaan dalam melunasi kewajiban jangka pendek dan menjadikan permintaan dan penawaran terhadap saham pun semakin meningkat. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. AKR Corporindo, Tbk periode tahun 2012-2021. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan kepustakaan. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana dan berganda), analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis (ujit t dan uji F). Adapun untuk pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 25.0 dan microsoft excel 2019 sebagai penunjang pengolahan data awal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Debt to Equity Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Stock Price karena memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 0,11%. Adapun variabel Quick Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Stock Price karena memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 0,161%. Kemudian Debt to Equity Ratio dan Quick Ratio secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Stock Price dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,203% pada PT. AKR Corporindo Tbk Periode 2012-2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio; Quick Ratio; Stock Price;
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Imas Eka Rizkiani
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:59
Last Modified: 21 Sep 2023 01:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78744

Actions (login required)

View Item View Item