Partisipasi remaja melalui Aliansi Remaja Independen sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap isu kepemudaan : Studi deskriptif pada Aliansi Remaja Independen, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur

Octara, Prima (2023) Partisipasi remaja melalui Aliansi Remaja Independen sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap isu kepemudaan : Studi deskriptif pada Aliansi Remaja Independen, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktifitas anak muda dari berbagai latar belakang untuk berpartisipasi di Aliansi Remaja Independen dalam menyuarakan isu kepemudaan sebagai bentuk kepedulian sosial mereka terhadap permasalahan yang dialami oleh anak muda, baik dari isu toleransi maupun HKSR. Penelitian ini dilakukan guna mencari tahu alasan, bentuk kontribusi, dan juga dampak dari kontribusi tindakan mereka tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung anak muda dalam berpartisipasi di Aliansi Remaja Independen kemudian apa bentuk kontribusi anak muda di Aliansi Remaja Independen dalam menyuarakan isu kepemudaan sebagai bentuk kepedulian sosial mereka terhadap permasalahan sosial yang dialami oleh anak muda, dan tentunya dengan adanya kontribusi tersebut akan menghasilkan dampak yang mereka hasilkan dari adanya kontribusi yang mereka lakukan. Maka dari itu penulis memiliki tujuan untuk meneliti peristiwa tersebut melalui penulisan skripsi ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan sosial oleh Max Weber. Weber mengatakan bahwa dalam tindakan sosial, manusia melakukan sesuatu karena ada tujuan yang ingin dicapai, setelah itu dilakukan suatu tindakan/gerakan. Tindakan tersebut tentunya dilakukan berdasarkan tipe-tipe yang dibagi menjadi empat yakni tindakan instrumental rasional, rasional nilai, afektif dan juga tradisional. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif sehingga akan menghasilkan data berupa hasil analisis dengan memakai metode deskriptif. Alasan peneliti menggunakan metode ini karena melihat anak muda di Aliansi Remaja Independen ini sangat berperan aktif menyuarakan isu kepemudaan terhadap permasalahan sosial yang dialami oleh anak muda. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi, studi dokumen, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini ialah alasan anak muda dalam berpartisipasi di Aliansi Remaja Independen karena kurangnya ilmu yang mempelajari isu kepemudaan di sekolah maupun kampus, kesadaran akan permasalahan sosial terhadap anak muda, tuntutan era gen z akan pentingnya pemikiran kritis, sampai ketertarikan untuk bertemu orang dengan beragam latar belakang. Kemudian bentuk kontribusi yang dilakukan oleh anak muda ialah mengadakah pelatihan hoax dan disinformasi, lalu melakukan edukasi muda bhinneka dan berdaya ke sekolah yang ada di Jakarta dan juga mengadakan program bakti pemuda di bandung. Lalu dampak/pencapaian yang dihasilkan mereka behasil membuat draf RUU terkait kesehatan remaja, jejaring dengan pemerintah, advokasi, dan lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi; Remaja; Kepedulian; Kepemudaan;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Prima Octara
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:16
Last Modified: 22 Sep 2023 03:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78754

Actions (login required)

View Item View Item