Manajemen strategi pelaksanaan manasik Haji dan Umrah dalam meningkatkan kualitas jamaah : Penelitian di PT. Kamil Wisata Mandiri

Abdillah, Muhammad Fadly (2023) Manajemen strategi pelaksanaan manasik Haji dan Umrah dalam meningkatkan kualitas jamaah : Penelitian di PT. Kamil Wisata Mandiri. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya calon jamaah haji dan umrah yang kurang paham setelah adanya kegiatan manasik haji dan umrah dikarenakan keterbatasan pendidikan dan ilmu agama sehingga diperlukan strategi yang tepat guna meminimalisir ke tidak pahaman calon jamaah tersebut. Menyadari masalah ini PT. Kamil Wisata Mandiri sebagai salah satu biro usaha layanan haji dan umrah menyelenggarakan kegiatan manasik haji dan umrah. Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakan, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunnah maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Manajemen strategi pelaksanaan manasik haji dan umrah yang efektif dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan memberikan pelatihan dan pembekalan kepada jamaah sebelum berangkat, menyediakan petunjuk dan panduan yang jelas selama pelaksanaan, serta melakukan evaluasi dan monitoring secara berkala terhadap pelaksanaan manasik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen strategi yaitu formulasi, implementasi serta evaluasi strategi dalam upaya meningkatkan kualitas calon jamaah haji dan umrah. pelaksanaan manasik haji dan umrah dalam meningkatkan kualitas jamaah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai bagaimana manajemen strategi pelaksanaan manasik haji dan umrah dapat dilakukan secara efektif dan efisien guna meningkatkan kualitas jamaah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah jamaah yang telah melaksanakan haji dan umrah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan penelitian implementasi manajemen strategi dalam kegiatan manasik haji dan umrah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi pelaksanaan manasik haji dan umrah yang efektif dapat meningkatkan kualitas jamaah. Beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas jamaah di antaranya adalah pengetahuan dan pemahaman tentang haji dan umrah, kesiapan fisik dan mental, serta pengalaman dan dukungan dari pihak travel, serta memberikan program-program yang baik serta membuat calon jamaah haji dan umrah lebih siap terhadap kesiapan fisik, mental dan ilmu tatacara dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pihak travel dan jamaah dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan haji dan umrah serta memperbaiki manajemen strategi pelaksanaan manasik guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manasik Haji; Strategi; Kualitas jamaah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Umrah
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Fadly Abdillah
Date Deposited: 21 Sep 2023 06:49
Last Modified: 21 Sep 2023 06:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78788

Actions (login required)

View Item View Item