Hubungan antara kegiatan bermain pasir kinetik dengan kemampuan motorik halus anak (Penelitian di Kelompok B RA Guppi Adiwerna Tegal)

Inayah, Fikri Sofwatun (2023) Hubungan antara kegiatan bermain pasir kinetik dengan kemampuan motorik halus anak (Penelitian di Kelompok B RA Guppi Adiwerna Tegal). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kegiatan anak yang ada di kelompok B Raudhatul Athfal (RA) Guppi Adiwerna Tegal, yaitu dalam pelaksanaan kegiatan bermain pasir kinetik ditemukan fakta bahwa dari seluruh 22 jumlah siswa rata-rata anak masih belum berkembang dalam kemampuan motorik halusnya. Hal ini bisa terlihat karena hasil studi kasus yang dilakukan oleh penulis yaitu menggunakan observasi sederhana. Dari 22 orang anak, terdapat 6 orang anak yang mengalami hambatan dalam kemampuan motorik halusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kegiatan Bermain Pasir Kinetik di Kelompok B Raudhatul Athfal (RA) Guppi Adiwerna Tegal; 2) Kemampuan Motorik Halus Anak di Kelompok B RA Guppi Adiwerna Tegal; 3) Hubungan Antara Kegiatan Bermain Pasir Kinetik dengan Kemampuan Motorik Halus Anak di Kelompok B Raudhatul Athfal (RA) Guppi Adiwerna Tegal. Kemampuan motorik halus pada anak usia dini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah kegiatan bermain pasir kinetik. Kegiatan bermain pasir kinetik merupakan salah satu media kegiatan yang dianggap dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak yang dilakukan melalui kegiatan bermain. Berdasarkan asumsi teori tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya, yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara egiatan bermain pasir kinetik dengan kemampuan motorik halus anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B RA Guppi Adiwerna Tegal yang berjumlah 22 orang anak. penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yang berarti semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan pasir kinetik; kemampuan motorik halus; dan Anak
Subjects: Islam
Education
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Fikri sofwatun Inayah
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:03
Last Modified: 21 Sep 2023 08:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78789

Actions (login required)

View Item View Item