Penarikan dana deposito Mudharabah sebelum jatuh tempo di PT. BPRS Amanah Rabbaniah (Study Kasus Di Kec. Banjaran Kab. Bandung)

Purnama, Agus Rizal Candra (2007) Penarikan dana deposito Mudharabah sebelum jatuh tempo di PT. BPRS Amanah Rabbaniah (Study Kasus Di Kec. Banjaran Kab. Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_ bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)

Abstract

Salah satu bentuk simpanan yang jadi produk di PT. BPRS Amanah Rabbaniah adalah deposito mudharabah. Yang dimaksud dengan deposito mudharabah adalah simpanan yang hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu yang berdasarkan pada prinsip bagi hasil. Deposito mudharabah merupakan bentuk kerjasama dalam modal dan usaha untuk menghasilkan keuntungan, yang mana keuntungan tersebut akan dibagi hasilkan sesuai dengan kesepakatan di awal akad. Dalam transaksi deposito mudharabah BPRS menyediakan jangka waktu investasi tertentu seperti 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Hal ini dilakukan untuk mengatur perputaran modal yang diinvestasikan. dengan demikian penvediaan jangka waktu yang disediakan oleh BPRS sangat penting demi tercapainya tujuan keija sama tersebut yaitu keuntungan. Dalam transaksi diawal akad tidak terdapat klausul yang mengatur bahwa Deposito mudharabah dapat diambil sebelum jatuh tempo, tapi dalam pelaksanaannva PT. BPRS Amanah Rabbaniah akan memberikan dana deposito mudharabah ini sebelum jatuh tempo kepada dcposan yang mengajukan permohonan penarikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tcntang mekanisme pelaksanaan deposito mudharabah yang dilakukan oleh PI. BPRS Amanah Rabbaniah. kemudian pertimbangan BPRS dalam memberikan dana deposito mudharabah sebelum jatuh tempo dan untuk mengetahui tinjauan tlqh muamalah terhadap penarikan dana deposito mudharabah sebelum jatuh tempo. Penelitian ini berdasarkan pada konsep mudharabah yang terdiri dari berbagai teori lentang kedudukan hukum deposito mudharabah, rukun dan syarat mudharabah, serta tentang penentuan jangka waktu. mekanisme bagi hasil dan berbagai implikasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang merupakan bagian dari metode deskriptif, dengan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara. dan studi kepustakaan dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan mengklasifikasikan data yang terkumpul sesuai dengan tujuan penelitian ini, yang pada akhimva menghasilkan kcsimpulan penelitian. Adapun hasi' dari penelitian ini adalah bahwa pemberian dana deposito mudharabah sebeli m jatuh tempo yang dilakukan oleh PI’. BPRS Amanah Rahfrwniah adalah semata mata untuk mcncapat kemashiahaian bersama. dengan mempertimhangkan alasan yang diajukan pihak dcposan I fcfu>an demikian demi terwujudnya tujuan hukum dengan tidak mengcsampuigkan tungsi lemhaga yang beritat prof'll oriented dapat disimpulkan bahvsa penarikan dana deposito mudharabah ini telah sesuai dengan prinsip-prinsip muamalah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:20
Last Modified: 15 Nov 2023 03:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78809

Actions (login required)

View Item View Item