Pengaruh kemampuan manajerial Kepala Madradah terhadap mutu Madrasah : Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung

Saadah, Hani Hamidatus (2023) Pengaruh kemampuan manajerial Kepala Madradah terhadap mutu Madrasah : Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan kepala madrasah dalam mengelola madrasah tidak akan terlepas dari kemampuan kepala madrasah sebagai pemimpin lembaga pendidikan dalam melaksanakan fungsi dan perannya. Mutu input dan output, juga mutu proses yang digerakkan oleh kekuatan manajerial dan kepemimpinan pengelola kependidikan, yaitu kepala madrasah dan guru. Dengan kata lain, Kemampuan manajerial kepala madrasah sangat dibutuhkan untuk menunjang terlaksananya mutu madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui bagaimana kemampuan manajerial kepala madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung, (2) mendeskripsikan mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung, (3) menganalisis pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah terhadap Mutu Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Sampel pada penelitian ini berjumlah 54 orang guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Bandung. Pengumpulan data pada penelitian didapatkan melalui kuesioner dengan pengukuran data skala likert. Adapun teknik analisis pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 29 dengan analisis Instrumen (Uji Validitas dan Reliabilitas), Analisis Parsial Perindikator, Analisis Asumsi (Uji Normalitas dan Linearitas), Uji Regresi Linear Sederhana, Uji-T dan Uji Pengaruh (Koefisien Determinasi). Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menujukkan perhitungan pada: (1) Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah (X) berada pada kualifikasi “Tinggi” yaitu 3,43 karena terdapat pada rentang interval 3,40 – 4,19, (2) Mutu Madrasah (Y) berada pada kualifikasi “Tinggi” yaitu 3,43 karena terdapat pada rentang interval 3,40 – 4,19, (3) berdasarkan hasil uji signifikansi statistik T-test sebesar 0,009 < 0,05 dan diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 2.696 > 0,403. Yang berarti HI diterima atau terdapat pengaruh secara parsial diantara kemampuan manajerial kepala madrasah (X) terhadap mutu madrasah (Y). Hal ini dibuktikan juga dengan pengujian koefisein determinasi dengan perolehan nilai sebesar 0,123 atau dipersentasikan 12,3% sedangkan 87,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan; Manajerial; Kepala Madrasah; Mutu Madrasah
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hani Hamidatus Saadah
Date Deposited: 22 Sep 2023 01:06
Last Modified: 22 Sep 2023 01:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78819

Actions (login required)

View Item View Item