Penegakan hukum terhadap pelaku kekerasan seksual pada anak dihubungkan dengan tujuan pemidanaan di wilayah Kabupaten Purwakarta

Farhana, Nurul (2023) Penegakan hukum terhadap pelaku kekerasan seksual pada anak dihubungkan dengan tujuan pemidanaan di wilayah Kabupaten Purwakarta. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena semakin naiknya angka kekerasan seksual pada anak di Kabupaten Purwakarta setiap tahunnya yang kemudian memberikan dampak negatif terhadap masyarakat sekitar. Tujuan pemidanaan dalam KUHP baru salah satunya yaitu berkenaan dengan pencegahan, penyelesaian konflik yang ditimbulkan akibat tindak pidana, memulihkan keseimbangan, serta mendatangkan rasa aman dan damai dalam masyarakat. Tujuan pemidanaan tersebut sejalan dengan tugas dan wewenang aparat penegak hukum, yang berarti bahwa penegakan hukum sangat berpengaruh terhadap penegak hukum. Akan tetapi pada kenyataannya, kasus kekerasan seksual pada anak di Kabupaten Purwakarta terus meningkat bukannya menurun dan masayarakat belum dapat merasakan rasa aman dan damai. Maka hal demikian menjadi bahan evaluasi yang harus diselesaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penegakan hukum terhadap pelaku kekerasan seksual pada anak dihubungkan dengan tujuan pemidanaan, dan untuk menganalisis hambatan dan upaya penegakan hukum kekerasan seksual pada anak di wilayah Kabupaten Purwakarta. Teori dalam penelitian ini menggunakan 3 (tiga) teori, yaitu pertama Teori Sistem Peradilan Pidana (Grand Theory), kedua Teori Pemidanaan (Middle Range Theory), dan ketiga Teori Perlindungan Anak (Applied Theory). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Pendekatan yang digunakan yakni yuridis empiris. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah studi kepustakaan dan studi dokumentasi yang mendukung penelitian penulis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penegakan hukum kekerasan seksual terhadap anak di Kabupaten Purwakarta sudah terdapat penanganan, namun dalam proses pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang terjadi sehingga mempengaruhi tujuan pemidanaan dalam KUHP yaitu menyelesaikan konflik yang ditimbulkan akibat tindak pidana, memulihkan keseimbangan, serta mendatangkan rasa aman dan damai dalam masyarakat. Hambatan dalam penegakan hukum terjadi karena telatnya pelaporan dari pihak korban, jarak tempuh saksi yang cukup jauh, keterbatasan ekonomi, dan kurangnya pengetahuan masyarakat akan bahayanya kekerasan seksual. Upaya preventif yang dilakukan dengan mengadakan program sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat yang bekerja sama dengan P2TP2A, dan upaya represif dengan melakukan peningkatan kualitas dari mulai penyidikan sampai dengan penjatuhan pidana.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum; Kekerasan Seksual; Tujuan Pemidanaan
Subjects: Law > Dictionaries and Encyclopedia of Law
Criminal Law
Criminal Law > Criminal Procedure of Indonesia
Private Law > Delicts
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Farhana Nurul
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:20
Last Modified: 22 Sep 2023 02:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78843

Actions (login required)

View Item View Item