Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022

Syahban, Robi Muhamad (2023) Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABWTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan pada Return On Asset di perusahaan Jasa Marga yang terdaftar di Indeks Saham Syari’ah Indonesia (ISSI) pada tahun 2013-2022 yang terlihat fluktuatif. Return On Asset sebagai alat ukur profitabilitas perusahaan yang dipergunakan untuk menghitung efektifitas yang menciptakan laba dengan metode pendapatan, asset, dan modal saham tertentu sehingga menghasilkan keuntungan. Return On Asset pun diduga dipengaruhi oleh Total Asset Turnover serta Net Profit Margin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari kinerja keuangan yang terdiri dari Total Asset Turnover dan Net Profit Margin baik secara parsial maupun simultan terhadap Return On Asset dalam perusahaan Jasa Marga yang terdaftar di Indeks Saham Syari’ah Indonesia (ISSI) pada tahun 2013-2022. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder runtutan waktu (time series) data yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Jasa Marga Tbk. Periode 2013-2022. Analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis uji asosiatif serta analisis uji hipotesis dan untuk pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS For Windows 22.0 dan Microsoft Excel 2016 sebagai penunjang untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukan Total Asset Turnover secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset dengan nilai thitung < ttabel sebesar 1,988 < 2,306 yang dimana Ha ditolak dan Ho diterima. Sedangkan Net Profit Margin secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset dengan nilai thitung < ttabel sebesar 0,705 < 2,306 yang dimana Ha ditolak dan Ho diterima. Secara simultan Total Asset Turnover dan Net Profit Margin tidak tidak signikan terhadap Return On Asset dengan nilai fhitung < ftabel sebesar 1,756 < 4,74. Perbandingan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak sedangkan Ho diterima, artinya TATO dan NPM secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Asset Turnover (TATO); Net Profit Margin (NPM); Return On Asset (ROA)
Subjects: Numerical Analysis
Accounting > Cost Accounting
General Management > Financial Management
General Management > Managerial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Robi Muhamad Syahban Gunawan
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:29
Last Modified: 04 Oct 2023 00:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78848

Actions (login required)

View Item View Item