Perbandingan keputusan muktamar Nahdhatul Ulama dan fatwa Jawatankuasa Muzakarah Majlis kKbangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam Malaysia tentang akad nikah daring

Nuryadi, Riko (2023) Perbandingan keputusan muktamar Nahdhatul Ulama dan fatwa Jawatankuasa Muzakarah Majlis kKbangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam Malaysia tentang akad nikah daring. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

adanya covid-19 berdampak kepada perilaku masyarakat, salah satu dampak adalah adanya praktek akad nikah daring. Hal ini menjadi sebab keluarnya keputusan muktamar dari Nahdhatul Ulama yang menilai tidak sahnya akad nikah tersebut. Sedangkan, Jawatankuasa Muzakarah Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam Malaysia mengeluarkan fatwa sah akad tersebut dengan memperhatikan beberapa syarat yang harus terpenuhi. Tujuan penelitian berguna 1. Mengetahui gambaran umum Nahdhatul Ulama dan Fatwa Jawatankuasa Muzakarah Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam Malaysia mengenai akad pernikahan daring, 2. Mengetahui Keputusan Muktamar Nahdhatul Ulama dan Fatwa Jawatankuasa Muzakarah Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam Malaysia mengenai akad pernikahan daring, 3. mengetahui Perbedaan dan Persamaan Keputusan Muktamar Nahdhatul Ulama dan Fatwa Jawatankuasa Muzakarah Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam Malaysia mengenai akad nikah daring. Kerangka pemikiran akad nikah daring ini mengeluarkan dua pendapat yang berlawanan dari Nahdhatul Ulama dan Jawatankuasa Muzakarah Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam Malaysia, dari perbedaan akan dikomparisikan metode istinbath yang dipakai, lalu akan dianalisis perbedaan dan persamaan yang ada dalam istibath hukum, selanjutnya akan ditarik kesimpulan pendapat yang relevan dari kedua pendapat tersebut.Metode penelitian ini berjenis deskripsi analitis yang bersifat komparatif dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan dan studi dokumentasi, yang didasarkan pada keputusan muktamar yang dikeluarkan oleh Nahdhatul Ulama dan fatwa Jawatankuasa Muzakarah Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam mengenai akad nikah daring dan kemudian membandingkan fatwa serta relevansinya dengan masa sekarang.Hasil penelitian ini Nahdhatul Ulama berdiri pada tanggal 31 Januari 1926 dan Jawatankuasa Muzakarah Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam Malaysia pada tanggal 26 Juni 1970, Nahdhatul Ulama memutuskan tidak sah bagi akad nikah daring kerena dengan memakai hajjiyat dengan memunculkan ikhtiyat. sedangkan, Jawatankuasa Muzakarah Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam Malaysia memutuskan sah pada akad nikah daring karen memakai dharuriyat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akad Nikah; Nahdhatul Ulama; Jawatankuasa Muzakarah Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Usul Fikih
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Nikah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Rukun Nikah, Akad Nikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
Depositing User: Riko Nuryadi
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:31
Last Modified: 22 Sep 2023 03:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78851

Actions (login required)

View Item View Item