Implementasi program Budaya Sekolah dalam membentuk karakter peserta didik : Penelitian di SMP Labschool Percontohan UPI Kampus Cibiru Bandung

Agus Triansyah, Arief (2023) Implementasi program Budaya Sekolah dalam membentuk karakter peserta didik : Penelitian di SMP Labschool Percontohan UPI Kampus Cibiru Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ Cover..pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ Abstrak..pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ Daftar Isi..pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ Bab 1..pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_ Bab 2..pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text (BAB III)
6_ Bab 3..pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB IV)
7_ Bab 4..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_ Bab 5..pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ Daftar Pustaka..pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya program budaya sekolah untuk meningkatkan karakter peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini adanya degradasi karakter peserta didik, ada beberapa peserta didik yang datang terlambat ke sekolah, tidak mengikuti shalat berjama’ah, belum bisa membaca Al-Qur’an, belum terlihat menyapa memberi salam senyum ketika bertemu dewan guru, dan belum sopan santun sesama peserta didik. Dari fenomena ini dibutuhkan implementasi program budaya sekolah dalam membentuk karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) program budaya sekolah 2) proses implementasi program budaya sekolah 3) karakter yang terbentuk 4) faktor pendukung dan penghambat. Skematik kerangka berfikir budaya sekolah dalam penelitian ini sesuai dengan pendapat Zainal Aqib yang menyebutkan bahwa budaya sekolah adalah sekumpulan nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian dan simbol-simbol yang dipraktikan oleh kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dan masyarakat sekitar sekolah yang terikat dari berbagai aturan, norma, moral serta etika yang berlaku di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus (case study) penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) program budaya sekolah yaitu program budaya shalat berjama’ah, program budaya tadarus Al-Qur’an, program budaya disiplin, program budaya 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun). 2) proses implementasi program budaya sekolah melalui kegiatan pembiasaan di luar kelas, (shalat Dhuha bersama, pembiasaan shalat Zuhur dan Ashar berjama’ah, tadarus Al-Qur’an, infak mingguan, lima S senyum, salam, sapa, sopan, santun). Dilakukan dengan metode (metode ceramah, metode pembelajaran langsung, metode tauladan), dan melalui penerapan tata tertib peserta didik. 3) Karakter yang terbentuk dari implementasi program budaya sekolah di SMP Labschool Percontohan UPI kampus Cibiru adalah karakter religius, karakter disiplin, karakter mandiri, karakter peduli sosial. 4) Faktor pendukung implementasi program budaya sekolah adalah faktor keluarga, faktor lingkungan, faktor sekolah, sarana prasarana, pendidik yang profesional, keteladanan tenaga pendidik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah peserta didik dan terlalu mengandalkan guru PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Budaya Sekolah; Karakter Peserta Didik.
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Culture and Institutions
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arief Agus Triansyah
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:20
Last Modified: 22 Sep 2023 08:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78858

Actions (login required)

View Item View Item