Peranan kepemimpinan ketua KUD Sarwa Mukti dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya di Desa Jambudipa Kecamatan Cisarua Kabupaten Daerah tingkat II Bandung

Yanto, Herli (2002) Peranan kepemimpinan ketua KUD Sarwa Mukti dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya di Desa Jambudipa Kecamatan Cisarua Kabupaten Daerah tingkat II Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)

Abstract

Koperasi sebagai salah satu bentuk partisipasi masyarakat di dalam upaya membangun dirinya sendiri dengan kekuatan sendin. merupakan wadah yang perlu ditumbuh kembangakan guna menghimpun dan membina setiap bentuk partisipasi masyarakat dalam mebangun. Selain memerlukam pembangunan dan segi kuantitas yang terpenting adalah pembangunan koperasi dari segi kualitas, terutama dan pemimpin yang mampu mengatur dan mengendalikan koperasi menjadi suatu organisasi ekonomi yang mapan dan mandiri serta mampu memberikan kesejahteraan bagi anggotanya. KUD Sarwa Mukti adalah salah satu bentuk koperasi yang mengelola dan menghimpun para petemak dan peteni di Desa Jambudipa guna mencapai kesejahteraan hidupnya dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pemimpin dengan yang dipimpin dan bagaimana kepemimpinan di KUD Sarwa Mukti. Disamping itu untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan ketua koperasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggotanya di Desa Jambudipa Kecamatan Cisarua Kabupaten DT. II Bandung. Penalitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa proses kepemimpinan yang dilakukan dalam suatu organisasi perkoperasian dituntut untuk dapat menampung segala aspirasi atau hak-hak anggota koperasi. Hal ini dimaksudkan untuk sebuah upaya dalam meningkatkan tarafhidup dan kesejahteraan anggota koperasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif serta , menggunakan tehnik observasi, angket, wawancara pengumpulan data-data diambil dari sumber-sumber primer yaitu pemimpin dan pengurus serta anggota KUD Sarwa Mukti dan skunder yaitu diambil dan dikutip dari referem referensi yang sesuai dengan masalah yang diteliti, hasilnva dianalisis dengan menggunakan tehnik prosentase. Data yang diperoleh menunjukan bahwa hubungan antara pemimpin dengan yang dipimpin sangat baik dan akrab, sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara pemimpin dengan yang dipimpin, dan tidak lepas dan cara dan gaya kepemimpinan ketua koperasi dalam menjalankan tugasnva, serta terdapat faktorpendukung dan penghambat kepemimpinan untuk mencapai tujuan yang didinginkan bersama yaitu kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran kepemimpinan ketua Koperasi Unit Desa (KUD) Sarwa Mukti memberikan keadaan yang positif (baik), karena sangat membantu kebutuhan para petemak dan petani serta masyarakat yang berada di Desa Jambudipa Kecamatan Cisarua Kabupaten DT. 11 Bandung yang menjadi anggota koperasi tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:59
Last Modified: 23 Oct 2023 08:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78863

Actions (login required)

View Item View Item