Analisis kelayakan video pembelajaran biologi SMA pada materi sistem reproduksi wanita berbasis platform Youtube

Auliya, Dina Rahmah (2023) Analisis kelayakan video pembelajaran biologi SMA pada materi sistem reproduksi wanita berbasis platform Youtube. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan platform Youtube sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam melaksanakan pembelajaran, namun konten video tersebut tidak bisa dibuktikan kelayakannya. Oleh karena itu untuk mengetahui apakah media pembelajaran berupa video itu layak atau tidak akan dilakukan analisis.Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan kelayakan video pembelajaran berbasis platform Youtube pada materi sistem reproduksi Wanita. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menganalisis isi konten dari materi Sistem Reproduksi Wanita Kelas XI yang sesuai dengan standar BSNP. Pengujian kelayakan video pembelajaran sesuai dengan standar BSNP yakni uji kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan grafika. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan mempertimbangkan aspek jumlah tontonan dan jumlah disukai. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan sisi video bersifat layak dan cukup layak dengan persentase masing-masing video sebesar 70%, 75% dan 50%. Kemudian kelayakan penyajian video pembelajaran masuk kategori sangat layak dengan persentase masing-masing video sebesar 90%, 85% dan 90%. Selanjutnya kelayakan Bahasa masuk kategori sangat layak dengan persentase masing-masing video sebesar 100%, 95% dan 95%. Terkahir kelayakan grafika video pembelajaran yang masuk dalam kategori sangat layak dengan persentase masing-masing video 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video-video pembelajaran yang telah diuji kelayakan tersebut layak untuk dijadikan media pembelajaran. ENGLISH: This research is motivated by the use of the Youtube platform as a learning medium to assist students in carrying out learning, but the video content cannot be proven feasibility. The purpose of this study was to explain the feasibility of learning videos based on the Youtube platform on the material of the Female reproductive system. The research method used is descriptive qualitative by analyzing the content of the Class XI Female Reproductive System material in accordance with BSNP standards. Testing the feasibility of learning videos in accordance with BSNP standards, namely the feasibility test of content, presentation, language, and graphics. The sampling technique used was purposive sampling by considering aspects of the number of views and the number of likes. The results showed that the feasibility of the video side was feasible and quite feasible with a percentage of 70%, 75% and 50% respectively. Then the feasibility of presenting learning videos is in the very feasible category with a percentage of each video of 90%, 85% and 90%. Furthermore, the feasibility of language is in the very feasible category with a percentage of 100%, 95% and 95% of each video. Finally, the feasibility of learning video graphics is in the very feasible category with a percentage of 100% of each video. Thus it can be concluded that the learning videos that have been tested are feasible to be used as learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Biologi
Subjects: Education, Research
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dina Auliya
Date Deposited: 22 Sep 2023 09:05
Last Modified: 22 Sep 2023 09:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78901

Actions (login required)

View Item View Item