Konversi bank konvensional Menjadi bank syariah (Studi kasus Pada konversi bank susila bakti menjadi bank syariah mandiri) Cabang Bekasi Barat)

Hasbiah, Debi (2004) Konversi bank konvensional Menjadi bank syariah (Studi kasus Pada konversi bank susila bakti menjadi bank syariah mandiri) Cabang Bekasi Barat). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)

Abstract

Konversi bank konvensional menjadi bank syari'ah merupakan salah satu upava yang dilakukan oleh bank-bank sejak terjadinya krisis moneter di Indonesia, hal ini ini berkaitan bahwa sejak munculnya bank syari'ah di Indonesia kendala-kendala yang selama ini dihadapi bank konvensional seperti suku bunga yang tinggi, kredit macet dan kebangkrutan tidak dialam:. oleh bank syariah. Hal inilah yang menarik para bankir untuk merubah banknya menjadi bank syari'ah apalagi sejak diberlakukannya UU No. 10 tahun 1998 telah memberikan hikmah terhadap perbankan syari'ah dengan berkembangnva bank-bank syari'ah di tanah air kita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur konversi bank konvensional menjadi bank syari'ah berdasarkan UU No. 10 tahun 1998 dan penerapan prosedur tersebut pada kasus konversi Bank Susila Bakti menjadi Bank Syari'ah Mandiri dan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip fiqh muamalah terhadap pelaksanaan konversi bank konvensional. Konversi bank konvensional menjadi bank syari'ah adalah perubahan sistem dan operasi berdasarakan bunga menjadi bank yang menggunakan sistem dan operasi berdasarkan bagi hasil. Keputusan Bank Mandiri sebagai pemegang saham untuk melakukan konversi PT. Bank Susila Bakti menjadi Bank Syari'ah Mandiri merupakan hasil bersama dari para perintis Bank Syari'ah di Bank Susila Baktiyang.Kehadirannya sebagai bank yang mengakomodasikan idealisme usahanya yang berlandaskan nilai-nilai roham yang merupakan keunggulan Bank Syari'ah Mandiri untuk menjadi salah satu bank altematif bagi perbankan umat Islam yang berlandaskan syari'at Islam Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus. Jadi, selain mendeskripsikan prosedur bank konvensional menjadi bank syrri'ah dan pelaksanaan konversi Bank Susila bakti menjadi Bank Syari'ah Mandiri juga menganalisanya berdasarkan UU Perbankan No. 10 tahun 1998, Peraturan Pemerintah dan prinsip-prinsip serta nilai-nilai fiqh muamalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari penelitian, ditemukan bahwa sebelum melakukan konversi, ada beberapa altematif yang pernah ditempuh Bank Susila Bakti seperti mencari investor, merger, penambahan modal sampai akhimya memilili konversi menjadi Bank Syari'ah Mandiri yang dilakukan dengan tiga syarat, yaitu mengadakan perubahan anggaran dasar, mengajukan permohonan izin dan menganalisa tingkat kesehatan bank, konversi yang dilakukan Bank Susila Bakti menjadi Bank Syari'ah Mandiri telah sesuai dengan nilai-nilai ekonomi syariah. Hal ini terbukti dengan adanya prinsip keadilan yang diterapkan bank,dengan cara memberikan pilihan kepada nasabah untuk ikut serta berkonversi ke bank syari'ah atau keluar dari keanggotaan bank dan mencari bank lain yang sesuai dengan keinginannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:29
Last Modified: 25 Sep 2023 02:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78922

Actions (login required)

View Item View Item