Pengaruh kepemimpinan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja pegawai : Penelitian di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung Provinsi Jawa Barat

Rohmawati, Tia (2023) Pengaruh kepemimpinan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja pegawai : Penelitian di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Kepemimpinan dan kompensasi di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung Provinsi Jawa Barat masih belum optimal dan kurangnya pemimpin dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja pegawai yang menyebabkan pengumpulan tugas tidak sesuai target, beban kerja yang timpang serta rendahnya absensi keterlambatan kerja. Selain itu, kurang baiknya dalam pemberian kompensasi sehingga kebutuhan pegawai belum terpenuhi secara maksimal yang menyebabkan menurunnya kepuasan kerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) kepemimpinan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung Provinsi Jawa Barat, 2) kompensasi di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung Provinsi Jawa Barat, 3) kepuasan kerja pegawai di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung Provinsi Jawa Barat, 4) pengaruh kepemimpinan terhadap kepuasan kerja pegawai di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung Provinsi Jawa Barat, 5) pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja pegawai di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung Provinsi Jawa Barat, 6) pengaruh kepemimpinan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja pegawai di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode ex-post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), analisis data (statistik deskriptif dan parsial per-indikator), uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (uji t, uji f, uji regresi linear berganda, dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai ditunjukkan dengan nilai t hitung (2,145) > t tabel (1,966) dan nilai signifikansi 0,036 < 0,05. Dengan demikian hipotesis 1 diterima. Kompensasi berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai ditunjukkan dengan nilai t hitung (7,833) > t tabel (1,966) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian hipotesis 2 diterima. Sedangkan nilai analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = -3,256 + 0,248X1 + 0,860X2. Nilai koefisien kepemimpinan sebesar 0,248 dan nilai koefisien kompensasi adalah 0,860. Sehingga dari masing-masing variabel berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai. Kepemimpinan dan kompensasi berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Ditunjukkan dengan nilai f hitung (50,086) > f tabel (3,13) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian hipotesis 3 diterima. Tingkat pengaruh kepemimpinan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja pegawai berada dikategori cukup kuat yang di tunjukkan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,587. Sedangkan lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar dari variabel kepemimpinan dan kompensasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kompensasi; Kepuasan kerja pegawai;
Subjects: General Management > Personnel Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tia Rohmawati
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:14
Last Modified: 25 Sep 2023 03:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78966

Actions (login required)

View Item View Item