Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII-E MTs Negeri 2 Kota Bandung

Aziz, Abdul (2023) Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII-E MTs Negeri 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang masih rendahnya motivasi belajar siswa kelas VIII-E pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri 2 Kota Bandung. Hal tersebut disebabkan karena pada saat pembelajaran Al-Qur’an Hadis, guru masih sering menggunakan metode konvensional. Sehingga ketika berlangsungnya pembelajaran terlihat peserta didik sering mengobrol dengan teman sebangkunya, ada siswa yang mengantuk, tidak konsentrasi dan kurang bersemangat ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Motivasi belajar siswa kelas VIII-E MTs Negeri 2 Kota Bandung pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sebelum penerapan model pembelajaran Explicit Instruction. 2) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII-E MTs Negeri 2 Kota Bandung melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. 3) Hasil motivasi belajar siswa kelas VIII-E MTs Negeri 2 Kota Bandung pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sesudah penerapan model pembelajaran Explicit Instruction. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa salah satu strategi yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction. Model Explicit Instruction merupakan model pembelajaran yang disusun untuk mengembangkan aktivitas belajar siswa dengan pola selangkah demi selangkah. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII-E MTs Negeri 2 Kota Bandung pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sesudah penerapan model pembelajaran Explicit Instruction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan datanya melalui angket, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu lembar aktivitas belajar siswa dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis berada dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 54,94%. 2) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Explicit Insruction pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VIII-E berjalan dengan baik dan lancar. Terlihat dari hasil penilaian lembar observasi aktivitas belajar siswa, menunjukkan bahwa suasana belajar menjadi lebih aktif dan kondusif. 3) Motivasi belajar siswa sesudah penerapan model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis mengalami peningkatan yang sangat baik. Terbukti dari hasil analisis angket motivasi belajar, menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 78,28% dan termasuk dalam kategori tinggi. Kemudian pada siklus II, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata 83,44% dan termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Explicit Instruction; motivasi belajar
Subjects: Islam
Islam > Koran
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: l Abdul Aziz
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:26
Last Modified: 27 Sep 2023 02:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78980

Actions (login required)

View Item View Item