Etika Jual Beli menurut Wahbah Az-Zuhaili dalam kitab tafsir Al-Wasith

Fatonah, Elvin (2023) Etika Jual Beli menurut Wahbah Az-Zuhaili dalam kitab tafsir Al-Wasith. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli merupakan salah satu upaya guna menunjang kelangsungan hidup. Pada surat Al-Baqarah ayat 275, dijelaskan bahwa jual beli telah diperintahkan oleh Allah SWT dalam prakteknya dilarang memakan harta secara batil (riba) karena termasuk perbuatan zhalim. Etika dalam berbisnis atau jual beli sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Semakin berkembangnya teknologi dan informasi, semua aktivitas di dunia memanfaatkan internet dengan menggunakan sarana sistem elektronik. Salah satunya yaitu kegiatan perekonomian dengan memanfaatkan internet untuk jual beli (e-commerce). Sayangnya, kemudahan ini turut menimbulkan berbagai masalah seperti penipuan, maka dari itu dibutuhkan penerapan etika jual beli yang sangat tinggi dari penjual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Wahbah az-Zuhaili tentang etika jual beli dalam Kitab Tafsir al-Wasith. Metode yang digunakan oleh Wahbah Az-Zuhaili didalam menafsirkan Tafsir al-Wasīṭ cenderung menggunakan metode ijmali suatu metode tafsir, mufassirnya berusaha menafsirkan Al-Qur’an secara global. Metode yang digunakan yaitu deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif analisis adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengungkapkan pemikiran tokoh yang diteliti terhadap ayat-ayat al-Qur’an berdasarkan tema yang telah ditentukan, lalu menganalisa dan melahirkan bahasan yang diinginkan secara sistematis. Adapun sumber penelitian ini menggunakan data primer tentang etika jual beli menurut Wahbah Az-Zuhaili dalam Tafsir Al-Wasith. Selain kitab utama sebagai rujukan penelitian ini menambahkan berupa buku-buku tentang etika jual beli, artikel karya ilmiah, serta hasil penelitian yang berhubungan dengan etika jual beli dan literatur-literatur lainnya yang menunjang dalam penelitian. Dalam penelitian ini membatasi dan berfokus pada 7 ayat yang membahas tentang etika jual beli, diantaranya QS. Al-Baqarah (2): 282-283, QS. An-Nisa (4): 29, QS. Al-Jumu’ah (62): 9-11, dan QS. An-Nur (24): 37. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pemikiran Wahbah Az-Zuhaili dalam Kitab Tafsir Al-Wasith tentang etika jual beli yaitu dengan selalu mengingat Allah dan tidak lalai dalam ibadah, sikap saling meridhoi antara penjual dan pembeli pada saat transaksi, dan adanya saksi ketika terjadi transaksi utang piutang dalam jual beli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etika jual beli; Wahbah Az-Zuhaili; Tafsir Al-Wasith
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Business
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Elvin Fatonah
Date Deposited: 17 Nov 2023 01:13
Last Modified: 17 Nov 2023 01:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78981

Actions (login required)

View Item View Item