Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pelaksanaan program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Cisaranten Endah Kecamatan Arcamanik Kota Bandung

Wijaya, Siti Hanna (2023) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pelaksanaan program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Cisaranten Endah Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi (2).pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari sebuah inisiasi terkait dengan satu program untuk menyejahterakan masyarakat yang memiliki tujuan untuk mendorong ataupun memberikan motivasi kepada masyarakat agar memiliki kesadaran, kemandirian, maupun meningkatkan mutu perekonomian masyarakat, yang mana pemberdayaan masyarakat juga semestinya dipandang sebagai suatu upaya untuk memperluas dan juga mempercepat penanggulangan suatu kemiskinan atau kesenjangan ekonomi di tengah-tengah masyarakat. Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat besar bagi Indonesia, karena program ini merupakan salah satu solusi usaha yang sangat tepat bagi masyarakat untuk tetap bertahan, walaupun dihadapi krisis ekonomi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui program usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana faktor penunjang dan faktor penghambat proses pemberdayaan masyarakat melalui program UMKM ini. Tujuan lainnya, penelitian ini ingin mengungkap bagaimana hasil dari kesejahteraan masyarakat yang diperoleh dari proses pemberdayaan masyarakat melalui program UMKM ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori struktural fungsional yang dikemukakan oleh Robert K. Merton, yang mana dalam teori ini menjelaskan dua fungsi yang ada di dalam teorinya, yakni fungsi manifest dan fungsi latent, serta pendekatan yang memperkuat teori tersebut yakni pendekatan penyokongan, yang mana dalam penelitian ini pemerintah setempat menjadi salah satu aspek penyokongan dalam proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui UMKM di Kelurahan Cisaranten Endah Kecamatan Arcamanik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat pelaku UMKM di Cisaranten Endah ini mengakui bahwa mereka mendapatkan kemudahan dan terbantu dengan adanya program UMKM ini. Sehingga dapat dikatakan juga bahwa pemberdayaan ekonomi UMKM ini dapat berdampak positif pada masyarakat secara sosial, dimana adanya penciptaan lapangan kerja lokal, peningkatan keterampilan, serta penguatan ikatan sosial yang dapat meningkatkan kualitas hidup warga Cisaranten Endah secara keseluruhan. Masyarakat yang juga sebagai pelaku UMKM berharap agar pemerintah selalu memberikan dukungan serta apresiasinya terhadap para pelaku UMKM pada umumnya, dan terkhusus kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Cisaranten Endah Hal ini menjadi salah satu faktor keberhasilan pemberdayaan yang dilakukan oleh pemerintah melalui adanya program UMKM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan ekonomi; UMKM; Teori Struktural Fungsional
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Siti Hanna Wijaya
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:26
Last Modified: 25 Sep 2023 02:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78993

Actions (login required)

View Item View Item