Penetapan bagi hasil Pembiayaan musyarakah di PT. BANK Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) harum hikmahnugraha Leles Garut (STUDIANALISIS FATWA DSN NO: 08/DSN-MULTV/2000)

Suryani, Yeni (2011) Penetapan bagi hasil Pembiayaan musyarakah di PT. BANK Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) harum hikmahnugraha Leles Garut (STUDIANALISIS FATWA DSN NO: 08/DSN-MULTV/2000). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)

Abstract

PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Harum Hikmahnugraha,Leles Garut merupakan salah satu perbankan syariah yang hadir sebagai suatu lemabaga intermediasi penghimpun dana dari masyarakat beruoa simpanan.kemudian disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan dalam ber.tuk pembiayaan. Salah satu produk pembiayaan yang disalurkan PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Harum Hikmahnugraha, Leles Garut adalah pembiayaan Musyarakah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Mekanisme pembiayaan Musyarakah pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Harum Hikmahnugraha, Leles Garut, (2) Tinjauan Fatwa DSN No: 08/DSN-MUI/rV/2000 tentang pembiayaan Musyarakah terhadap pelaksanaan penetapan bagi hasil di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Harum Hikmahnugraha, Leles Garut. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, metode ini digunakan untuk mendeskripsikan suatu satuan analisis secara utuh yaitu suatu penelitian yang didasarkan pada peraturan dan analisis terhadap permasalahan yang ada di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun sumber data primer adalah PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Harum Hikmahnugraha, Leles Garut (dengan melakukan wawancara), sedangkan sumber data sekunder adalah studi kepustakaan atau buku-buku yang berhubungan dengan penelitian. Data yang ditemukan bahwa pelaksanaan keijasama bagi hasil yang terjadi di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Harum Hikmahnugraha, Leles Garut, dilihat dari segi prinsip-prinsip akad Musyarakah adanya perbedaan atau pertentangan. Dimana di bank tersebut dalam sistem bagi hasilnya sudah ditentukan di awal dalam bentuk nominal. Salah satu rukun khas dari kerjasama bagi hasil adalah adanya nisbah keuntungan. Pembagian keuntungan dilakukan dengan prosentase dari hasil keuntungan di akhir bukan di awal, sedangkan yang terjadi di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Harum Hikmahnugraha, Leles Garut sebaliknya, hal ini akan membawa kepada perbuatan riba. Menurut para ahli fiqh apabila suatu jumlah tertentu ditetapkan, maka petjanjian kerjasama bagi hasil akan dibatalkan. Kerjasama bagi hasil ini termasuk transaksi NUC (Natural Uncertainty Contract) yaitu kontrak yang tidak memberikan kepastian pendapatan. Apabila NUC diubah menjadi NCC maka teijadilah riba nasi’ah artinya mengubah hal-hal yang seharusnya tidak pasti, hal ini dilarang dan haram hukumnya karena melanggar sunatullah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:39
Last Modified: 25 Sep 2023 06:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79019

Actions (login required)

View Item View Item