Peranan organisasi Karang Taruna dalam pemberdayaan masyarakat Desa : Studi kasus Karang Taruna Desa Nyalindung Kecamatan Cimalaka Kabupupaten Sumedang

Saepuloh, Asep Ruslan (2023) Peranan organisasi Karang Taruna dalam pemberdayaan masyarakat Desa : Studi kasus Karang Taruna Desa Nyalindung Kecamatan Cimalaka Kabupupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Karang Taruna Desa Nyalindung bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk mengelola mata air Cikandung. Ini menjadikan Karang Taruna Desa Cikandung punya keunggulan dalam memanfaatkan potensi yang ada di daerahnya serta bersinergi dengan pemerintah sekaligus membantu program pemerintah dalam mengelola Wisata Mata Air Cikandung. Selain itu Karang Taruna Desa Nyalindung juga menjadi Karang Taruna Terbaik Se-Kabupaten Sumedang pada event Cokelat Kita, dengan menampilkan hasil karya berupa trofi yang terbuat dari paralon yang dipahat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui program apa yang dilakukan oleh Karang Taruna Desa Nyalindung dalam pemberdayaan masyarakat, Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Karang Taruna Desa Nyalindung dalam pemberdayaan masyarakat, dan Untuk mengetahui bagaimana Strategi Karang Taruna Desa Nyalindung dalam mendapatkan Prestasi di bidang pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori peran. Menurut Parsons, peran adalah pola perilaku yang diharapkan dari seseorang yang menduduki posisi tertentu dalam suatu sistem sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian yang lebih menekankan pada penggunaan diri peneliti sebagai alat. Sudah semestinya Peneliti mengungkap gejala-gejala sosial dilapangan dengan mengerahkan segenap fungsi indrawinya. Metode yang digunakan untuk menjaga akurasi penelitian ini dan hasilnya, menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pendekatan lain, analisis data kualitatif tdilakukan dengan cara data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Organisasi Karang Taruna memiliki peran yang penting dalam pemberdayaan masyarakat desa. Berbagai prestasi yang dicapai oleh Karang Taruna Desa Nyalindung menunjukkan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan, ekonomi, kesehatan, dan kesadaran masyarakat desa. Melalui program pendidikan dan pelatihan, pengembangan ekonomi lokal, program kesehatan dan lingkungan, serta pemberdayaan perempuan dan remaja. Penelitian ini bisa disimpulkan bahwa peran Karang Taruna dalam pemberdayaan masyarakat Desa Nyalindung cukup signifikan telah berhasil mendorong perubahan positif dalam masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat; Karang Taruna; Organisasi; Pemberdayaan
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Asep Ruslan Saepuloh
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:36
Last Modified: 26 Sep 2023 07:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79024

Actions (login required)

View Item View Item