Rahman, Fathur Alif (2023) Pengaruh layanan bimbingan karir terhadap perencanaan lanjutan studi pada siswa : Studi kuantitatif pada siswa kelas IX di SMP Pasundan 2 Bandung tahun ajaran 2023/2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (340kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
Abstract
Bimbingan karir di SMP Pasundan 2 Bandung menghadapi problematika dalam perencanaan studi lanjut pada siswa. Kemampuan perencanaan lanjutan studi siswa masih sangat rendah. Sebagian siswa masih bingung untuk membuat perencanaan lanjutan studinya. Orientasi siswa di SMP Pasundan 2 Bandung mengenai studi lanjut itu masih pemikiran yang tidak sesuai seperti memilih sekolah lanjutan yang terdekat dari rumah, mengikuti ajakan teman ataupun bahkan perintah dari orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh layanan bimbingan karir terhadap perencanaan lanjutan studi pada siswa kelas IX di SMP Pasundan 2 Bandung tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini didasarkan pada teori layanan bimbingan karir dan teori perencanaan karir yang diberikan pada siswa berupa langkah-langkah dalam merencanakan karir dan pertimbangan dalam merencanakan karir untuk dapat membantu siswa yang kesulitan dalam membuat perencanaan karirnya. Seperti siswa yang masih bingung dalam melanjutkan karirnya dalam hal ini melanjutkan studinya, belum matangnya persiapan siswa dalam merencanakan studi lanjutnya, serta minimnya pengetahuan mengenai studi lanjutan itu sendiri. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode pre-experimental design dengan desain one-shot case study pendekatan kuantitatif. Jenis one-shot case study yang dimaksudkan untuk menunjukkan kekuatan pengukuran dan nilai ilmiah suatu desain penelitian. Adapun teknik yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini ialah teknik observasi, wawancara, dan instrumen penelitian (alat ukur penelitian). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan bimbingan karir berpengaruh secara signifikan terhadap perencanaan lanjutan studi pada siswa dengan nilai signifikansinya sebesar 0.001 < 0.05. Serta terdapat hubungan antara layanan bimbingan karir dengan perencanaan lanjutan studi yang didukung oleh nilai r square sebesar 0.331. Artinya 33.1% perencanaan lanjutan studi dipengaruhi oleh layanan bimbingan karir sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Dibuktikan dengan Guru BK yang memberikan layanan bimbingan karir kepada siswa. Sehingga siswanya mampu melakukan perencanaan untuk lanjutan studinya setelah lulus dari SMP Pasundan 2 Bandung ini. Sesuai dengan indikator layanan bimbingan karir yaitu mempelajari informasi yang berkaitan dengan studi lanjutan, menyadari bakat khusus, serta memahami cara membuat keputusan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Bimbingan Karir; Kemampuan Perencanaan Karir; Sekolah Lanjutan; Pengambilan Keputusan Karir; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | alif fathur rahman |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 06:57 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 06:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79051 |
Actions (login required)
View Item |