Nilai-nilai Akhlakul Karimah dalam Kitab Akhlak lil Banin jilid 1 karya Syekh Umar bin Ahmad Baradja dan implementasinya pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MAN 1 Kota Bandung

Aziz, Mohamad Abdul (2023) Nilai-nilai Akhlakul Karimah dalam Kitab Akhlak lil Banin jilid 1 karya Syekh Umar bin Ahmad Baradja dan implementasinya pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MAN 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tepatnya pendidikan agama Islam yang hanya menitikberatkan pada nilai angka saja. Selain itu secara umum maraknya krisis akhlak pada anak yang ditandai dengan merosotnya nilai moral dan perilaku yang bertentangan dengan norma agama. Hal ini berdasar pula pada permasalahan yang terjadi di MAN 1 Kota Bandung yakni perilaku yang biasanya dilakukan secara negatif, seperti bolos, melanggar tata tertib sekolah, tidak sopan terhadap guru dan sesama teman, mencontek saat ujian dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Substansi kitab Akhlak lil Banin jilid 1 karya Syekh Umar bin Ahmad Baradja. 2) Nilai-nilai Akhlakul karimah dalam kitab Akhlak lil Banin jilid 1 karya Syekh Umar bin Ahmad Baradja. 3) Implementasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam kitab Akhlak lil Banin jilid I karya Syekh Umar bin Ahmad Baradja pada Pembelajaran Akidah Akhlak Bab VI tentang Akhlak Pergaulan Remaja Kelas XI di MAN 1 Kota Bandung Pemikiran dalam penelitian ini didasarkan oleh teori Ali Abdul Halim Mahmud bahwa pendidikan dan nilai-nilai akhlak dapat membentuk individu menjadi beriman dan bertakwa, menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran Islam, serta mendorong manusia menjadi pribadi yang lebih baik. Hal ini menjadi solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan akhlak yang terjadi hari ini. Oleh karena itu, pendidikan akhlak dapat ditemukan dalam berbagai sumber, salah satunya kitab Akhlak lil Banin jilid 1, yang menjadi dasar pembinaan akhlak siswa dalam pendidikan, pengabdian masyarakat serta bimbingan akhlak dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode analisis isi (content analysis) serta jenis penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Substansi Akhlak lil Banin jilid 1 menjadikan anak agar memiliki akhlak yang baik dan mulia. Pendidikan akhlak yang disajikan dalam kitab ini meliputi Anak yang memiliki adab sopan santun, akhlak terhadap Allah Swt dan Nabi Muhammad saw akhlak di rumah, akhlak terhadap orang tua, dan lain-lain. 2) Nilai-nilai akhlakul karimah yang disampaikan dalam kitab Akhlak lil Banin meliputi akhlak terhadap Allah Swt dan Nabi Muhammad saw amanah, berbakti kepada orang tua, sopan santun, toleransi, disiplin, tanggung jawab, Ihsan, dermawan dan rendah hati. 3) Implementasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam kitab Akhlak lil Banin jilid I karya Syekh Umar bin Ahmad Baradja pada Pembelajaran Akidah Akhlak Bab VI tentang Akhlak Pergaulan Remaja Kelas XI di MAN 1 Kota Bandung meliputi tujuan pembelajaran, materi dan bentuk implementasi, metode dan langkah-langkah pembelajaran, pendidik dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akhlakul Karimah; Akhlak lil Banin Jilid 1; Akidah Akhlak
Subjects: Islam
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Abdul Aziz
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:38
Last Modified: 26 Sep 2023 01:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79082

Actions (login required)

View Item View Item