Penerapan metode tahsin Asy-Syafi’i untuk meningkatkan kemmampuan membaca Al-Qur’an santri: Penelitian tindakan kelas terhadap kelas 2 santri Ma’had Aly Pondok Pesantren Al-Wafa Cileunyi

Ulhaq, Muhammad Miftah (2023) Penerapan metode tahsin Asy-Syafi’i untuk meningkatkan kemmampuan membaca Al-Qur’an santri: Penelitian tindakan kelas terhadap kelas 2 santri Ma’had Aly Pondok Pesantren Al-Wafa Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (869kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang terdapat pada pembelajaran membaca Al-Qur’an santri kelas 2 Pondok Pesantren Al-Wafa Cileunyi Kabupaten Bandung, bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an santri belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Rendahnya kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an disebabkan karena pengajar belum menggunakan metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an santri sebelum menggunakan metode Asy-Syafi’i, (2) mengetahui proses pembelajaran membaca Al-Qur’an santri dengan menggunakan metode Asy-Syafi’i, (3) mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an santri setelah menggunakan metode Asy-Syafi’i. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an santri ditentukan oleh berbagai faktor, salah satunya penggunaan metode yang tepat termasuk metode Asy-Syafi’i. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Asy-Syafi’i diduga dapat meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an di kelas 2 Pondok Pesantren Al-Wafa Cileunyi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara dan studi dokumen. Subjek penelitian ini adalah santri putra kelas 2 Pondok Pesantren Al-Wafa Cileunyi yang berjumlah 30 santri. Analisis data dilakukan dengan pendekatan statistik, yaitu dengan menjumlahkan dan merata-ratakan hasil observasi dan hasil tes. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa, (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an santri sebelum menggunakan metode Asy-Syafi’i masih rendah dengan nilai rata-rata 60,3 dan persentase ketuntasan belajar hanya mencapai 23,3%. (2) Proses pembelajaran membaca Al-Qur’an santri dengan menggunakan metode Asy-Syafi’i terlaksana dengan baik. Pada siklus I persentase aktivitas guru mencapai 58,75%, pada siklus II 72,5% dan pada siklus III 95%. Sedangkan persentase aktivitas belajar santri pada siklus I mencapai 60%, pada siklus II 71,25% dan pada siklus III 93,75%. (3) Kemampuan membaca Al-Qur’an santri setelah menggunakan metode Asy-Syafi’i mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata hasil belajar santri sebesar 65,55 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 40%, kemudian pada siklus II rata-rata hasil belajar santri sebesar 69,21 dengan persentase mencapai 60%, dan pada siklus III rata-rata hasil belajar santri sebesar 77,78 dengan persentase mencapai 80%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Asy-Syafi'i ; Kemampuan Membaca Al-Qur'an
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Miftah Ulhaq
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:52
Last Modified: 27 Sep 2023 01:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79085

Actions (login required)

View Item View Item