Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: penelitian quasi eksperimen siswa kelas X IPA 2 SMA Mekar Arum Cileunyi

Riyanti, Elsa (2023) Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: penelitian quasi eksperimen siswa kelas X IPA 2 SMA Mekar Arum Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan terhadap kelas X IPA 2 SMA Mekar Arum Cileunyi mengenai proses kegiatan belajar terdapat guru Pendidikan Agama Islam yang selalu menggunakan metode umum, dan belum mencoba menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) sehingga berdampak pada aktivitas belajar siswa seperti siswa kurang tertarik dalam belajar. Hal tersebut dapat ditandai dengan siswa yang kurang memperhatikan guru saat sedang memberikan materi dan inisiatif siswa dalam belajar masih selalu mengandalkan arahan dari guru tanpa adanya motivasi dari diri sendiri. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan harapan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dapat diasumsikan berdampak pada kemandirian belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mendeskripsikan langkahlangkah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam mata pelajaran pendidikan agama islam kelas X IPA 2 di SMA Mekar Arum Cileunyi. (2) Untuk mengetahui kemandirian belajar siswa kelas X IPA 2 di SMA Mekar Arum setelah diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) diasumsikan berdampak pada kemandirian belajar siswa karena model ini memiliki kelebihan siswa diharuskan mandiri mengerjakan suatu tugas proyek, guru hanya berperan memantau siswa dalam keberlangsungan membuat tugas proyek tersebut. Kelebihan model pembelajaran ini adalah melatih siswa agar mampu mengerjakan tugas sendiri tanpa ada bantuan penuh dari guru sehingga siswa mampu mengeksplorasi lebih luas terhadap materi yang sedang dipelajari. Metode dalam penelitian yang digunakan yaitu dengan metode quasi eksperimen desain nonequivalent control group. Sample penelitian kelas X IPA 2 SMA Mekar Arum. Alat pengumpulan data observasi, wawancara, kuesioner (angket), dokumentasi dan menggunakan analisis data uji normalitas. Analisis data menggunakan pendekatan logika dan statistic. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada mata pelajaran PAI terhadap kelas yang diberi perlakuan (treatment) secara keseluruhan dilaksanakan dengan sangat baik sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah direncanakan. Berdasarkan hasil observasi selama dua kali pertemuan keterlaksanaan aktivitas guru berjumlah 99% hal tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Realitas kemandirian belajar siswa kelas X SMA Mekar Arum setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata angket yaitu nilai 4,01. Angka tersebut berada pada interval 3,40 – 4,19 yang berarti kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Project Based Learning; PJBL; Kemandirian belajar siswa; SMA Mekar Arum Cileunyi Bandung
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elsa Riyanti
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:42
Last Modified: 26 Sep 2023 03:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79114

Actions (login required)

View Item View Item