Pengaruh kas dan setara kas serta piutang usaha terhadap jumlah aset lancar pada perusahaan PT. Lippo Karawaci, Tbk. yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2009-2018

Iqbal, Maulana (2023) Pengaruh kas dan setara kas serta piutang usaha terhadap jumlah aset lancar pada perusahaan PT. Lippo Karawaci, Tbk. yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2009-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Aset merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam kelancaran pengelolaan dalam perusahaan, adanya aset dalam sebuah perusahaan bisa mengembangkan dan perusahaan dapat beroperasi dengan lancar. Agar kegiatan operasional perusahaan berjalan lancar maka aset harus dikelola dan dijaga dengan baik agar mencapai tujuan perusahaan yang di inginkan, termasuk dengan perusahaan PT. Lippo Karawaci, Tbk. yang bergerak dibidang pengembangan perkotaan residensial dan komersial. Aset lancar adalah jenis aset yang dimiliki oleh perusahaan yang mudah dicairkan dalam bentuk uang dalam waktu tidak lebih dari satu tahun, Jumlah Aset Lancar meliputi kas dan setara kas, piutang usaha, piutang pendapatan, beban dibayar dimuka, perlengkapan dan persediaan barang dagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kas dan Setara Kas secara parsial terhadap Jumlah Aset Lancar, seberapa besar pengaruh Piutang Usaha secara parsial terhadap Jumlah Aset Lancar, dan seberapa besar pengaruh Kas dan Setara Kas serta Piutang Usaha secara simultan terhadap Jumlah Aset Lancar, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian dengan menggunakan analisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis korelasi, koefisien determinasi, dan uji t serta dengan analisis secara simultan yaitu dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda dan uji f dengan menggunakan aplikasi SPSS For Windows Version 25.0. Data yang digunakan adalah data sekunder dari PT. Lippo Karawaci Tbk. periode 2009-2018. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pengaruh Kas dan Setara Kas secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap Jumlah Aset Lancar dengan nilai koefisien determinasi sebesar 3,92% sedangkan sisa 96,8% depengaruhi oleh faktor lain, dan pengaruh Piutang Usaha secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Jumlah Aset Lancar dengan nilai koefisien determinasi sebesar 81,5%, sedangkan sisa 18,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Secara simultan pengaruh Kas dan Setara Kas serta Piutang Usaha terhadap Jumlah Aset Lancar berpengaruh positif signifikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 82% sedangkan sisa 18% dipengaruhi oleh faktor lain pada perusahaan PT. Lippo Karawaci, Tbk. Periode 2009-2018. Hal ini terjadi kesesuaian dengan akad yang termasuk Rahn dan Murabahah pada Manajemen Keuangan Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kas dan Setara Kas; Piutang Usaha; Jumlah Aset Lancar
Subjects: Econmics
Financial Economics, Finance
Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Maulana Iqbal
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:20
Last Modified: 26 Sep 2023 06:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79122

Actions (login required)

View Item View Item