Pelaksanaan jual beli kendaraan bermotor dengan Akad Murabahah di Bank Pembiayaan Rakyat Syari'ah Harta Insan Karimah Parahyangan kantor cabang Soreang

Aceng, Aceng (2012) Pelaksanaan jual beli kendaraan bermotor dengan Akad Murabahah di Bank Pembiayaan Rakyat Syari'ah Harta Insan Karimah Parahyangan kantor cabang Soreang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
6_bab3.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)

Abstract

BPRS HIK Parahyangan merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang beroperasi sesuai dengan prinsip syariah. Namun, salah satu kebijakan yang ditetapkan yakni penentuan besaran margin keuntungan yang ditetapkan sejak awal sebesar 1.6-3% per bulan dengan metode fat rate dirasa kurang sesuai dengan aturan syariah. Sehingga, dikhawatirkan tidak ada bedanya dengan kredit pada bank konvensional dan dapat mengurangi nilai-nilai asas syariah serta hilangnya tujuan dari Bank Syariah sesuai dengan Undang-Undang RI No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah pada Bab II Asas.Tujuan, dan Fungsi Pasal 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mekanisme Jual Beli Kendaraan Bermotor dengan Akad Murabahah di BPRS HIK Parahyangan Kantor Cabang Soreang, (2) Penentuan Margin Pada Pembiayaan Kendaraan Bermotor di BPRS HIK Parahyangan Kantor Cabang Soreang, (3) Kesesuaian Pelaksanaan Pembiayaan Kendaraan Bermotor dengan Fikih Muamalah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dimana penulis berusaha menggambarkan pelaksanaan jual beli kendaraan bermotor dengan akad murabahah di BPRS HIK Parahyangan Kantor Cabang Soreang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan antara lain dengan melakukan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Penelitian ini bersumber dari Branch Manager, Account officer, staf marketing pembiayaan Lending, Operation Supervisor yang dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang mendukung pada penelitian Pelaksanaan Jual Bell Kendaraan Bermotor di BPRS HIK Parahyangan Kantor Cabang Soreang. Kemudian penulis menganalisis data tersebut dengan tahapan tahapan berupa memahami data, klasifikasi dan pencarian hubungan antara teon dengan praktik di lapangan. Produk pembiayaan murabahah kendaraan bermotor merupakan produk yang paling diminati oleh nasabah di BPRS HIK Parahyangan Kantor Cabang Soreang, oleh karena itu, perusahaan membuat kebijakan guna mendapatkan keuntungan yang tetap dengan menentukan besaran rate margin sejak awal yang harus diperoleh pihak BPRS. Hasil dari penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pelaksanaan jual beli kendaraan bermotor dengan akad murabahah di BPRS HIK Parahyangan sama seperti pelaksanaan produk pembiayaan di lembaga keuangan syariah lamnya Penentuan besaran rate margin sejak awal merupakan salah satu kebijakan BPRS guna mendapatkan keuntungan tetap dan penyesuaian terhadap tingkat pengembalian keuntungan Dana Pihak Ketiga (DPK). Dari analisis fikih muamalah yang dilakukan pelaksanaan jual beli kendaraan bermotor dengan akad murabahah telah memenuhi rukun dan syarat yang harus dipenuhi. Namun, untuk kebijakan perusahaan dalam penentuan besaran rate margin yang harus diperoleh dan metode perhitungan harga jual yang digunakan yaitu metode flat rate diduga tidak sesuai dengan prinsip syariah karena sama dengan metode bunga pada bank konvensional. Serta perlunya ruang yang lebih besar yang diberikan pada nasabah dalam penentuan margin guna tercapainya asas suka sama suka antara kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:33
Last Modified: 23 Oct 2023 07:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79132

Actions (login required)

View Item View Item