Kuspratiwi, Ajeng Aditri (2021) Konsep pendidikan Akhlak di kelas V MI dan relevansinya terhadap pendidikan karakter menurut Ki Hajar Dewantara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (cover)
1_cover.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf Download (311kB) | Preview |
|
Text (bab 2)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
||
Text (bab 3)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
||
Text (bab 4)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
||
Text (bab 5)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
||
Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan akhlak di kelas V MI berdasarkan nilai karakter yang tercantum dalam buku akidah akhlak kelas V MI, dan relevansinya terhadap pendidikan karakter yang diusung oleh Ki Hajar Dewantara. Metode penelitian yang digunakan adalah library research dan penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa analisis konten dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan melalui empat tahap, yaitu dengan pengadaan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian adalah buku akdah akhlak siswa kelas V MI dan buku karya Ki Hajar Dewantara bagian pertama pendidikan. Nilai karakter menurut Ki Hajar Dewantara tidak terlepas dari lima asas pendidikan karakter yang diusung oleh Ki Hajar Dewantara yaitu asas kodrat alam, asas kemerdekaan, asas kebudayaan, asas kebangsaan, dan asas kemanusiaan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter yang terdapat dalam buku akidah akhlak kelas V MI terdapat delapan nilai karakter yang hendak dikembangkan oleh pemerintah hal ini disesuaikan dengan jenjang umur peserta didik. Konsep pendidikan karakter yang dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara relevan dengan pendidikan karakter yang dilakukan oleh pemerintah RI sehingga konsep pendidikannya dapat dipakai. Hal ini bertujuan untuk membangun bangsa yang berkarakter serta memiliki akhlak yang mulia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak; Pendidikan Karakter; Ki Hajar Dewantara; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ajeng Aditri Kuspratiwi |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 06:27 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 06:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79142 |
Actions (login required)
View Item |