Peran Guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan karakter Islami siswa di MIN 2 Kota Bandung : Penelitian deskriptif kualitatif di kelas V MIN 2 Kota Bandung

Lestari, Fitria (2023) Peran Guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan karakter Islami siswa di MIN 2 Kota Bandung : Penelitian deskriptif kualitatif di kelas V MIN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bandung merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pendidikan karakter, tetapi walaupun demikian permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan akhlak atau karakter siswa sesuai dengan survey pendahuluan yang penulis lakukan bahwa pelaksanaan karakter Islami di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bandung, masih memiliki kendala antara lain sikap siswa yang masih kurang jujur dalam mengerjakan tugas yang diminta oleh guru, kurang memperhatikan guru ketika di dalam kelas, kurang disiplin dan berkata kurang sopan dengan temannya, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Maka dari itu peran guru akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter Islami melalui peran sebagai seorang guru yang harus dilaksanakan saat kegiatan pembelajaran maupun di luar pembelajaran agar terciptanya siswa yang memiliki akhlak yang baik dan memiliki karakter Islami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) karakter siswa kelas V-C di MIN 2 Kota Bandung 2) peran guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan karakter Islami siswa kelas V-C 3) faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru dalam menumbuhkan karakter Islami siswa kelas V-C. Metode penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Hubermen dalam analisis ini terdapat tigas langkah diantaranya : pengolahan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil pada penelitian ini yaitu kesimpulan mengenai nilai karakter Islami siswa kelas V-C dengan indikator jujur, disiplin dan santun termasuk pada kategori cukup baik. Peran guru dalam menumbuhkan karakter Islami kepada siswa yaitu sebagai pengajar, pengelola kelas, motivator, kulminator dan evaluator, meskipun memang peran guru ini belum dapat terlaksana dengan maksimal. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan karakter Islami siswa yaitu faktor pendukung diantaranya peran guru dan peran orang tua, sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya kolaborasi antara orang tua dan guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Guru; Karakter Islami; Jujur; Disiplin; Santun
Subjects: Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitria Lestari
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:30
Last Modified: 26 Sep 2023 06:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79145

Actions (login required)

View Item View Item