Respon siswa terhadap pendidikan keagamaan dalam keluarga hubungannya dengan perilaku sosial mereka : Penelitian korelasional pada siswa kelas XI SMAN 7 Garut

Istikhomah, Nurul (2023) Respon siswa terhadap pendidikan keagamaan dalam keluarga hubungannya dengan perilaku sosial mereka : Penelitian korelasional pada siswa kelas XI SMAN 7 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMAN 7 Garut, penulis mendapatkan informasi bahwa pendidikan keagamaan yang dilakukan dalam keluarga siswa sudah terlaksana dengan baik seperti orang tua mengingatkan dan memerintahkan anak untuk shalat, menghormati orang yang lebih tua, dan sebagainya. Namun masih terdapat perilaku siswa yang kurang baik yang terjadi di lingkungan sekolah, sekitar 45% siswa tidak mengikuti shalat berjamaah dzuhur di sekolah, 20% siswa membolos sekolah, 10% siswa merokok, 18% siswa mencontek dalam kelas, 28% mengobrol ketika jam pelajaran, pacaran, bahkan terkait pacaran ini sekitar 14% orang tua tidak melarang anaknya berpacaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas respon siswa terhadap pendidikan keagamaan dalam keluarga siswa, 2) Realitas perilaku sosial siswa, 3) Respon siswa terhadap pendidikan keagamaan dalam keluarga hubungannya dengan perilaku sosial siswa kelas. Pendidikan keagamaan dalam keluarga memiliki pengaruh besar terhadap perilaku anak. Sebagaimana menurut Hasbullah bahwa tugas utama keluarga dalam pendidikan anak adalah peletak dasar pendidikan akhlak serta pandangan hidup keagamaan. Dari keluarga lah asal mula terbentuknya sifat dan tabiat anak. Dengan demikian baik buruknya perilaku anak dipengaruhi oleh seberapa baik pendidikan akhlak serta keagamaan yang orang tua berikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas XI SMAN 7 Garut berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan yaitu; analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Realitas pendidikan keagamaan dalam keluarga berkategori tinggi dengan nilai rata-rata 4,0 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Realitas perilaku sosial siswa berkategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,8 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 3) Realitas hubungan siswa terhadap pendidikan keagamaan dalam keluarga dengan perilaku sosial siswa kelas XI SMAN 7 Garut adalah; (a) koefisien korelasinya termasuk pada kategori sedang dengan sebesar 0,41 yang berada pada interval 0,40 – 0,59. (b) Hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung 3,71  t_tabel 1,99. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesisinya diterima. Artinya terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. (c) Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 17% dan sisanya sebesar 83% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Pendidikan Keagamaan dalam Keluarga; Perilaku Sosial
Subjects: Culture and Institutions > Family
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Istikhomah
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:57
Last Modified: 26 Sep 2023 07:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79158

Actions (login required)

View Item View Item