Konseling dengan pendekatan Cognitive Restructuring untuk mengubah pola pikir santri tentang urgensi pendidikan di masa depan : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Kahfi Desa Gumulunglebak Kec. Greged Kab. Cirebon

Hidir, Muhamad (2023) Konseling dengan pendekatan Cognitive Restructuring untuk mengubah pola pikir santri tentang urgensi pendidikan di masa depan : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Kahfi Desa Gumulunglebak Kec. Greged Kab. Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang sudah sering terjadi di kalangan santri Pondok Pesantren Al-Kahfi. Terutama terjadi pada santri yang sedang menempuh jenjang Pendidikan di tingkat Sekolah Lanjutan Menengah Atas (SLTA). Fenomena tersebut berkaitan erat dengan rendahnya tingkat Pendidikan santri yang berlanjut ke jenjang perkuliahan. Hal itu dilatarbelakangi oleh pemikiran-pemikiran negatif atau unreasonable mindset santri mengenai urgensi Pendidikan untuk dirinya di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari beberapa pola pikir santri di Pondok Pesantren Al-Kahfi yang menyebabkan dekadensi minta dalam berpendidikan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis secara spesifik bagaimana model konseling dengan pendekatan cognitive restructuring dalam mengubah pola pikir santri mengenai pentingnya berpendidikan di masa depan dan untuk membuktikan seberapa besar keberhasilan dari penerapan model konseling ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosial, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi di lapangan dalam waktu dekat, sehingga menghasilkan data deskriptif berupa perkataan yang tertulis maupun lisan dari sumber-sumber penelitian dan perilaku yang dapat diamati. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian menggunakan paradigma konstruktivisme, dengan observasi dan wawancara sebagai data primer, dan hasil dokumentasi juga kepustakaan sebagai data sekunder. Teknik keabsahan datanya menggunakan credibility atau uji kepercayaan terhadap data hasil penelitian, sementara teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya unreasonable mindset yang mempengaruhi setiap santri dalam menempuh Pendidikan ke jenjang berikutnya. Pola pikir yang salah tersebut disebabkan oleh beberapa hal diantaranya keadaan ekonomi orangtua, sehingga keberhasilan yang didapatkan dari proses konseling ini hanya mencapai 20% - 30% setiap tahunnya, dibuktikan dengan berapa banyak santri yang berhasil memasuki dunia perkuliahan dalam setiap angkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pola Pikir; Santri; dan Konseling Cognitive Restructuring
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muhamad Hidir
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:05
Last Modified: 27 Sep 2023 01:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79162

Actions (login required)

View Item View Item