Efektivitas pengelolaan alokasi dana desa dalam pembinaan masyarakat desa di Desa Harumansari Kecamatan Kadungora Kab. Garut tahun anggaran 2021

Fitriani, Kiki Silvia (2023) Efektivitas pengelolaan alokasi dana desa dalam pembinaan masyarakat desa di Desa Harumansari Kecamatan Kadungora Kab. Garut tahun anggaran 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy

Abstract

Alokasi Dana Desa (ADD) yaitu dana yang dialokasikan oleh Pemerintah Kabupaten untuk desa yang bersumber dari bagian Dana Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah yang dipergunakan untuk operasional Pemerintahan Desa dan BPD, Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan dan Biaya tidak terduga. Berlakunya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa adalah suatu landasan hukum untuk menjamin pengalokasian anggaran Alokasi Dana Desa dengan tepat dan efektif. Aturan ini menjadi pedoman bagi setiap Pemerintah Daerah dan Desa yang ada di seluruh NKRI, termasuk pemerintah Daerah Kabupaten Garut dan Pemerintah Desa Harumansari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan alokasi dana desa, faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan ADD dan efektivitas pengelolaan alokasi dana desa dalam pembinaan masyarakat desa di Desa Harumansari. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori Gibson yang menjelaskan bahwa kriteria Efektivitas organisasi ada 5 indikator, yaitu Produksi, Efisiensi, Adaptasi, Kepuasan kegiatan yang berhasil dirasakan kemanfaatannya, dan Keberhasilan perngembangan upaya penempatan sesuai dengan perencanaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mendeskripsikan hasil penelitian. Fokus penelitian pengelolaan Alokasi Dana Desa, lokus penelitian di Kantor Desa Harumansari. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa sudah efektif dilihat dari jumlah anggaran dan jumlah realisasi yang 100% akurat. Namun dana yang diturunkan lebih berorientasi kepada pembangunan saja. Serta telah diketahui proses pengelolaan ADD dan telah ditemukan faktor pendukung dan penghambatnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; ADD; Pembinaan Masyarakat Desa.
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Kiki Silvia Fitriani
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:07
Last Modified: 27 Sep 2023 02:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79181

Actions (login required)

View Item View Item