Pengaruh manajemen ekstrakurikuler terhadap perkembangan minat dan bakat peserta didik: Penelitian di yayasan pondok pesantren Darul Hikam Al-Islami Banjaran

Lestari, Evi Ayu (2023) Pengaruh manajemen ekstrakurikuler terhadap perkembangan minat dan bakat peserta didik: Penelitian di yayasan pondok pesantren Darul Hikam Al-Islami Banjaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Setiap individu memiliki keunikan dan potensi yang dapat teerwujud melalui pembelajaran, sehingga potensi tersebut menjadi kemampuan konkret. Untuk itu, diperlukan suatu wadah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik berupa kegiatan ekstrakurikuler. Namun, dalam pelaksanaannya menghadapi kendala seperti kurangnya sumber daya manusia untuk mengelola kegiatan ekstrakurikuler, kurangnya sarana dan prasarana memadai, kurangnya minat anak, dan lain-lain. Oleh karena itu, manajemen yang efektif dalam penyelenggaraan ekstrakurikuler menjadi peran strategis dan sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan di lembaga tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) manajemen ekstrakurikuler; 2) perkembangan minat dan bakat peserta didik; 3) tingkat pengaruh manajemen ekstrakurikuler terhadap perkembangan minat dan bakat peserta didik di Yayasan Pondok Pesantren Darul Hikam Al-Islami Banjaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode Ex post facto. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket/kuesioner, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji prasyarat (normalitas dan linieritas), uji hipotesis (Uji regresi linier sederhana, uji t-test, koefisien determinasi (R2)). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa 1) Dari hasil perhitungan manajemen ekstrakurikuler (X) yang diberikan oleh responden memperoleh hasil dengan rata-rata 4,16. Nilai tersebut termasuk kategori “Tinggi” karena berada pada interval 3,40-4,19; 2) Dari hasil perhitungan perkembangan minat dan bakat peserta didik (Y) yang diberikan oleh responden memperoleh hasil dengan rata-rata 4,07. Nilai tersebut termasuk kategori “Tinggi” karena berada pada interval 3,40-4,19; 3) Manajemen ekstrakurikuler berpengaruh signifikan terhadap perkembangan minat dan bakat peserta didik di Yayasan Pondok Pesantren Darul Hikam Al-Islami Banjaran, dikarenakan pada hasil uji regresi linear diketahui bahwa setiap penambahan 1% tingkat manajemen ekstrakurikuler maka perkembangan minat dan bakat peserta didik akan meningkat sebesar 0,760. Hal ini menunjukkan bahwa arah pengaruh antara variabel manajemen ekstrakurikuler (X) terhadap perkembangan minat dan bakat peserta didik (Y) adalah positif. Hasil uji parsial (uji-t) menjelaskan bahwa pengaruh kedua variabel menunjukan nilai thitung sebesar 7.987 dan ttabel 0.222 artinya thitung > ttabel dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen ekstrakurikuler terhadap perkembangan minat dan bakat peserta didik. Selain itu, dilihat dari hasil perhitungan uji koefisien determinasi dari penelitian ini sebesar 46,3% dan selebih nya 53,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi objek pengamatan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen;Ekstrakurikuler;Perkembangan;Minat;Bakat;Peserta Didik
Subjects: Education, Research
Education
Animal Husbandry > Education, Research, Related Topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: EVI AYU LESTARI
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:12
Last Modified: 02 Oct 2023 03:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79213

Actions (login required)

View Item View Item