Bimbingan kelompok melalui program tadabbur Al-Qur’an untuk menstimulasi perkembangan moral dan agama siswa : Penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliah Hidayatul Ikhsan Desa Kertamulya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang

Natasya, Dea (2023) Bimbingan kelompok melalui program tadabbur Al-Qur’an untuk menstimulasi perkembangan moral dan agama siswa : Penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliah Hidayatul Ikhsan Desa Kertamulya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan moral dan agama merupakan salah satu bagian dari tugas dan perkembangan yang harus ditingkatkan. Materi yang paling sesuai untuk mengembangkan nilai moral dan agama yaitu bersumber dari Al-Qur’an, hal itu karena Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat muslim. Salah satu cara yang dapat diterapkan yakni melalui tadabbur Al-Qur’an. Mempelajari tadabbur Al-Qur’an dapat dilaksanakan melalui bimbingan kelompok berkelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program tadabbur Al-Qur’an untuk menstimulasi perkembangan moral dan agama siswa, untuk mengetahui proses bimbingan kelompok melalui program tadabbur Al-Qur’an untuk menstimulasi perkembangan moral dan agama siswa, serta untuk mengetahui hasil bimbingan kelompok melalui program tadabbur Al-Qur’an untuk menstimulasi perkembangan moral dan agama siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliah Hidayatul Ikhsan Desa Kertamulya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang. Al-Ghazali mengatakan, perkembangan moral agama merupakan perihal yg terdiri atas akal, nafsu, jiwa serta roh. Dalam perkembangan moral dan agama anak semestinya dari sejak lahir harus diberikan orang tuanya untuk dengan tujuan untuk menjaga akhlaknya. Dalam Islam perkembangan moral dan agama anak terbagi menjadi dua tahap yaitu, anak-aanak usia 2–6 tahun dan anak-anak usia 7-12 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dimana hasil wawancara dan observasi di dokumentasikan berupa data verbatim. Adapun hasil penelitian ini menunjukan tadabbur Al-Qur’an sebagai program pada bimbingan kelompok menyampaikan materi ayat Al-Qur’an pada juz 30, tayangan Keislaman, sirah Nabawiyah, dan syair Keislaman. Proses kegiatan bimbingan kelompok dilaksanakan dengan menerapkan tahapan-tahapan bimbingan kelompok yang menyesuaikan dengan metode permainan, diskusi dan tanya jawab, mendongeng, serta bersyair. Hasil dari bimbingan keelompok melalui tadabbur Al-Qur’an terhadap 6 orang siswa dikatakan berhasil, karena siswa mencapai nilai rata-rata tercapai seluuruhnya pada instrumen bimbingan kelompok berdasarkan indikator perkembangan moral dan agama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Taddabur Al-Qur’an; Perkembangan Moral dan Agama
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dea Natasya
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:18
Last Modified: 27 Sep 2023 02:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79218

Actions (login required)

View Item View Item