Implementasi program Zero Waste Cities pada ibu rumah tangga dalam mengurangi penumpukan sampah : Penelitian di LSM Yaksa Pelestari Bumi Berkelanjutan di Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibenying Kaler, Kota Bandung.

Islami, Misi (2023) Implementasi program Zero Waste Cities pada ibu rumah tangga dalam mengurangi penumpukan sampah : Penelitian di LSM Yaksa Pelestari Bumi Berkelanjutan di Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibenying Kaler, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas masalah persampahan di Kota Bandung yang mengkhawatirkan adanya ledakan sampah di TPA maupun TPS akibat dari tidak adanya pemilahan dan pengelolaan sampah dari rumah maupun dari petugas sampah, dampaknya menyebabkan penumpukan sampah di TPA. Adanya program Zero Waste Cities dari YPBB bisa memberikan perubahan terhadap cara pandang Ibu Rumah Tangga terhadap sampah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program Zero Waste Cities dalam mengurangi penumpukan sampah juga untuk mengetahui proses pemahaman Ibu rumah tangga dalam mengurangi penumpukan sampah rumah tangga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Konstruksi Sosial oleh Peter L Berger mengenai bagaimana terbentuknya proses konstruksi sosial masyarakat melalui tiga tahapan yaitu Eksternalisasi, merupakan suatu pengekspresian diri seorang aktor dalam kegiatannya memaknai sesuatu dengan stock of kowledge yang dimiliki, melalui berbagai proses sosialisasi dan edukasi, Objektifikasi merupakan proses yang berkembang dari fase sebelumnya fase Eksternalisasi, merupakan proses pelembagaan masyarakat dengan sebuah realitas yang ada kemudian masyarakat mempraktekanya, kemudian Internalisasi merupakan tahap penyerapan nilai-nilai yang diterima oleh masyarakat menghasilkan sebuah pembiasaan baru dan ketaatan dalam memilah sampah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi dan kajian pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dari Creswell yang mengeksplorasi dan memahami makna di sejumlah individu atau sekelompok orang yang berasal dari masalah sosial. Hasil dari penelitian ini terdapat keberhasilan melakukan pembiasan perilaku memilah dan mengelola sampah rumah tangga, yang mana awalnya pemaknaan Ibu Rumah Tangga terkait sampah hanya menjadi sisa makanan atau barang yang sudah tidak bisa dimanfaatkan, namun kemudian dengan adanya sosialisasi,pelatihan dan pendampingan membawa pengetahuan baru Ibu rumah tangga terkait pemaknaan sampah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zero Waste; sampah; ibu rumah tangga; lingkungan; Kontruksi Sosial;
Subjects: Communities
Communities > Urban Communities, Cities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Misi Islami
Date Deposited: 27 Sep 2023 05:19
Last Modified: 27 Sep 2023 05:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79242

Actions (login required)

View Item View Item