Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. United Tractors Tbk. yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2012-2023

Al Haafid, Faiz (2023) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. United Tractors Tbk. yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2012-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Laporan keuangan sangat berperan penting dalam perusahaan untuk mengetahui hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaaan yang bersangkutan dan juga dapat memberikan informasi sehubungan dengan posisi keuangan perusahaan. Tujuannya memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja, dan arus kas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mnegetahui pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. United Tractors Tbk. dan, mengetahui pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. United Tractors Tbk. Dan mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. United Tractors Tbk. Kerangka pemikiran penelitian adanya saling hubungan Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE), karena Current Ratio (CR) dapat menjadi substitusi bagi Return On Equity (ROE) dan perusahaan akan menggunakan kas yang dimilikinya sebagai salah satu sumber modal kerja. Ketika Current Ratio (CR) naik maka kenaikan terjadi pada Return On Equity (ROE). Begitu juga dengan Debt To Equity Ratio (DER) kenaikan pada Debt To Equity Ratio (DER) akan menyebabkan kenaikan pula pada Return On Equity (ROE). Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah sekunder runtun waktu (time series). Data yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. United Tractors Tbk. Periode 2013-2022. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda, korelasi pearson product moment, dan korelasi berganda, koefisiensi determinasi serta analisis uji hipotesis (Uji T dan Uji F) dan untuk pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS For Windows 25.0 dan microsoft excel 2016 sebagai penunjang dalam pengolahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial urrent Ratio (CR) berpengaruh positif terhadap Return On Equity (ROE) dengan koefisien determinasi sebesar 38,5%. Sementara Debt To Equity Ratio (DER) secara parsial berpengaruh negatif terhadap Return On Equity (ROE) dengan koefisiensi determinasi sebesar 0,00%. Secara simultan Current Ratio (CR) dan Debt To Equiy Ratio (DER) secara simultan berpengaruh tidak berpengaruh signifikan dengan nilai koefisiensi determinasi sebesar 54,7% pada PT. United Tractors Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR) ; Debt to Equit Ratio (DER) ; Return On Equity (ROE); y (
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Faiz Al Haafid Haafid
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:38
Last Modified: 27 Sep 2023 07:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79268

Actions (login required)

View Item View Item