Anggraeni, Fitri (2023) Penerapan pendekatan Active Learning dengan media kartu Domino untuk meningkatkan hasil belajar matematika : Penelitian quasi eksperimen di kelas IV MIN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (267kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (920kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran matematika di kelas IV MIN 2 Kota Bandung. Hal ini dibuktikan dengan dari 25 peserta didik, ada 72% yaitu 18 peserta didik yang belum tuntas dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditentukan sekolah yaitu 75 pada pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran matematika yang menerapkan pendekatan active learning dengan media kartu domino di kelas eksperimen dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional tanpa media di kelas kontrol, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran matematika setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan active learning menggunakan media kartu domino, (3) Mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan active learning menggunakan media kartu domino dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV A dan IV B MIN 2 Kota Bandung. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan Kelas IV B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan tes. Instrument yang digunakan adalah tes kognitif dengan menggunakan soal sebanyak 5 soal essay dan lembar aktivitas guru dan peserta didik (observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menerapkan pendekatan active learning dengan media kartu domino pada setiap pertemuan mengalami peningkatan guru terlaksana dengan rata-rata 89% dan rerata peserta didik 84%. Pada kelas kontrol rerata guru 78% dan rerata peserta didik 77%. Selain itu hasil analisis pretest dan posttest kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif dengan rata-rata pretest sebesar 7,40 dan rata-rata posttest sebesar 75,80 dengan kriteria baik, yang memperoleh N-gain 0,73 termasuk peningkatan kategori tinggi. Kemudian hasil hipotesis diperoleh terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 75,80 sedangkan kelas kontrol sebesar 66,40.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | active learning; hasil belajar; media kartu domino; |
Subjects: | Elementary Education Elementary Education > Elementary School Elementary Education > Mathematics for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fitri Anggraeni |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 01:18 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 01:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79288 |
Actions (login required)
View Item |