Hubungan gaya manajemen konflik dengan kinerja tenaga pendidik : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sumedang

Syahidah, Atika (2023) Hubungan gaya manajemen konflik dengan kinerja tenaga pendidik : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_dafatpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia masih banyak tenaga pendidik yang dianggap kurang dalam kinerjanya seperti tidak disiplin, terlambat mengajar, tidak membuat persiapan pembelajaran, tidak memiliki hubungan yang harmonis dengan sesama tenaga pendidik maupun dengan atasan. Hubungan yang tidak harmonis antar tenaga pendidik akan memicu rendahnya kinerja. Manajemen konflik yang baik memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja pegawai karena akan menimbulkan dampak yang positif karena mampu menjadi komparasi kinerjanya dengan tenaga pendidik lainnya untuk selalu meningkatkan kinerjanya dan bersaing secara positif dengan tenaga pendidik lainnya guna mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya manajemen konflik yang ada di antara tenaga pendidik; menganalisis kinerja tenaga pendidik; menganalisis adakah hubungan antara gaya manajemen konflik dengan kinerja tenaga pendidik di MAN se-Kabupaten Sumedang. Adapun peneliti mengajukan hipotesis kerja (Ha) bahwa terdapat hubungan antara gaya manajemen konflik dengan kinerja tenaga pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi. Data penelitian didapatkan melalui penyebaran angket kepada 92 responden. Data dianalisis dengan beberapa tahap yaitu uji coba instrumen, uji asumsi klasik, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya manajemen konflik pada tenaga pendidik di MAN se-Kabupaten Sumedang memperoleh nilai yang baik dengan nilai interval rata-rata 3,93 secara keseluruhan; kinerja tenaga pendidik di MAN se-Kabupaten Sumedang mendapat nilai yang baik dengan nilai interval 4,00 secara keseluruhan; adanya hubungan antara gaya manajemen konflik dengan kinerja tenaga pendidik yang ditunjukkan pada nilai korelasi 0,00 < 0,05 dengan nilai koefisien 1,00 yang berarti memiliki hubungan yang sangat kuat, positif dan signifikan. Kontribusi gaya manajemen konflik atas peningkatan kinerja tenaga pendidik sebesar 71,4%. Dari analisis yang sudah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwasanya hipotesis kerja (Ha) yang peneliti ajukan diterima bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya manajemen konflik dengan kinerja tenaga pendidik di MAN se-Kabupaten Sumedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya manajemen konflik; kinerja tenaga pendidik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Atika Syahidah
Date Deposited: 29 Sep 2023 05:14
Last Modified: 29 Sep 2023 05:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79318

Actions (login required)

View Item View Item