Bimbingan dengan pola pengasuhan dalam menjaga kesehatan mental anak : Penelitian di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Pelayanan Sosial Griya Ramah Anak Desa Kamarung Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang

Aulia, NoerTasya (2023) Bimbingan dengan pola pengasuhan dalam menjaga kesehatan mental anak : Penelitian di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Pelayanan Sosial Griya Ramah Anak Desa Kamarung Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (846kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini berfokus pada fenomena yang terjadi pada anak-anak terlantar yang tidak diasuh oleh orang tuanya, khususnya tentang peran pengasuh dalam memberikan pengasuhan kepada anak asuh. Anak-anak yang sebelumnya diasuh oleh orang tua yang tidak memiliki kualitas pengasuhan yang baik biasanya berbeda dengan anak-anak yang diasuh oleh keluarga yang memiliki kualitas pengasuhan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai program dan pola pengasuhan yang ada di Pusat Pelayanan Sosial Griya Ramah Anak, serta untuk mengetahui proses dan hasil bimbingan yang berkaitan dengan pola pengasuhan dalam menjaga kesehatan mental anak. Penelitian ini didasari oleh teori Baumrind tentang pengasuhan yang ditunjukkan oleh orang tua kepada anaknya. Menurut Baumrind, ada empat jenis pengasuhan: (1) pola asuh otoriter, (2) pola asuh demokratis, (3) pola asuh permisif, dan (4) pola asuh situasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari pihak panti, pekerja sosial yang berperan sebagai pengasuh, dan psikolog. Kemudian metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis dan pengolahan data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerja sosial yang berperan sebagai pengasuh menggunakan pola pengasuhan situasional. Adapun program yang dilaksanakan yaitu: (1) bimbingan sosial, (2) bimbingan fisik individu, (3) bimbingan mental spiritual, dan (4) bimbingan keterampilan. Proses pola pengasuhan yang diterapkan sesuai dengan keadaan dan kondisi anak, sehingga dapat dikatakan bahwa kesehatan mental anak di Pusat Pelayanan Sosial Griya Ramah Anak stabil dan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan; pola asuh; kesehatan mental anak
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence
Social Welfare, Problems and Services
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: noertasya aulia
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:32
Last Modified: 02 Oct 2023 01:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79332

Actions (login required)

View Item View Item