Tradisi literasi Al-Quran siswa dan hubugannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran al-quran hadis: Penelitian korelasional pada siswa kelas XII MA Muslimin Celak Kab. Bandug Barat

Hanifah, Abu (2023) Tradisi literasi Al-Quran siswa dan hubugannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran al-quran hadis: Penelitian korelasional pada siswa kelas XII MA Muslimin Celak Kab. Bandug Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan kebiasaan tradisi literasi al-quran siswa. Namun disisi lain motivasi belajar mereka masih tergolong kategori cukup. Harapan guru terkait tradisi literasi al-quran siswa ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui: 1) Tradisi literasi al-quran siswa, 2) Motivasi belajar siswa MAS Muslimin Celak dan 3) Hubungan Tradisi literasi al-quran siswa dengan motivasi belajar mereka. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa kebiasaan adalah sesuatu yang dilakukan dengan berulang-ulang sehingga dia merasa terbiasa dengan apa yang dilakukan. Setiap individu mempunyai motivasi belajar yang berbeda. Maka tradisi literasi al-quran siswa diharapkan menjadi stimulus motivasi belajar mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi regresi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: 1) Tradisi literasi al-quran siswa (variable X) termasuk kategori kuat. Hal ini diketahui dari hasil nilai rata-rata 3,89. Angka tersebut terletak pada Interval 3,40 - 4,19. 2) Motivasi Belajar Mereka (variable Y) termasuk kedalam kategori kuat, hal itu dilihat dari hasil nilai rata-rata 3,90. Angka tersebut terletak pada interval 3,40 - 4,19. 3) Realitas hubungan kedua variabel: (a) Koefisien korelasi sebesar 0,67. Termasuk ke dalam kategori kuat berada pada interval 0.61 - 0.80. (b) Hasil uji hipotesis diterima berdasarkan nilai t_hitung (6.958) ≥ t_tabel (2.001), maka Hipotesis (Ha) diterima. Artinya terdapat hubungan yang positif antara tradisi literasi al-quran siswa dengan motivasi belajar mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Quran Hadis; Tradisi; Literasi; Motivasi Belajar.
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abu Hanifah
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:15
Last Modified: 29 Sep 2023 06:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79380

Actions (login required)

View Item View Item